Jemaah Tarikat Syattariah di Aceh Memasuki Hari ke 4 Berpuasa

3 April 2022, 10:09

Aceh: Sebagian warga masyarakat di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh sudah berpuasa Ramadan sejak Kamis, 31 Maret 2022. Mereka tergabung dalam Jemaah Tarikat Syattariah yang berpusat di kampung pedalaman Desa Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya dan sekitarnya.
 
Keyakinan mereka mengikuti Tarikat Syattariah peninggalan Habib Muda Senagan atau lebih dikenal dengan Abu Peuleukung. Almarhum Abu Peuleukung adalah seorang ulama karismatik setempat yang juga tokoh perjuangan saat mengusir penjajahan Belanda.
 
Selain tersebar di Nagan Raya, jemaahnya mereka juga ada di Kabupaten Aceh Barat, Gayo Lues dan Aceh Barat Daya. Para jemaah Tarikat Syattariah itu berpuasa sesuai hasil hisab dan rukyah metode yang mereka gunakan turun temurun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Rumus ilmu hisab yang mereka gunakan tersebut berkembang turun temurun sejak puluhan tahun silam. Abu Said Kamaruddin, yang merupakan cucu Almarhum Habib Muda Abu Peuleukung, mengatakan penetapan 1 Ramadan 1443 H, adalah sesuai hasil hisab dan kesepakatan para ulama.
 
Baca: Takmir Masjid di Pamekasan Batasi Pengeras Suara Tadarus Al-Qur’an
 
Terutama para pimpinan Pesanteren atau Teungku Dayah di kalangan mereka sekitarnya.
Dikatakan Abu Said Qamaruddin, berdasarkan rumus ilmu hisab yang diwariskan Habib Seunagan, bila awal Ramadan jatuh pada Rabu dan Jumat, itu tidak dibenarkan, karena itu hari pertama Ramadan diputuskan bergeser pada Kamis.
 
“Ada hisab tersendiri, dari bilangan lima. Ada juga lima tahun bilangan naik. Kalau misalnya jatuh pada hari Rabu dinaikkan ke Kamis. Lama tahun ke depan ada lima tahun bilangan turun. Kalau jatuh pada Senin, Selasa, Kamis, itu tetap. Tidak dipindahkan lagi” Jelas Abu Said Qamaruddin.
 

(WHS)


https://www.medcom.id/nasional/daerah/zNAX1aAK-jemaah-tarikat-syattariah-di-aceh-memasuki-hari-ke-4-berpuasa

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi