Jejak Politik M Taufik di Gerindra hingga Bakal Dicopot dari Pimpinan DPRD DKI

3 April 2022, 5:25

Merdeka.com – Mohammad Taufik dicopot dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta oleh Gerindra, partai politik yang menaunginya saat ini. Pencopotan ini menuai keramaian di kancah dunia politik.

Sebab, nama Taufik bukan nama baru di dunia politik. Ia menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta selama 2 periode, 2014-2019 dan 2019-2024. Namun, di periode kedua ini, masa jabatan Taufik dipaksa purna lebih awal.

taboola mid article

Dalam catatan, pengalaman politik Taufik cukup pasang surut. Dia didapuk sebagai Ketua DPD Gerinda Jakarta dalam kurun waktu cukup lama, sejak 2008.

Pada 2009, Taufik ikut serta dalam pemilihan legislatif Jakarta dengan kendaraan politik Gerindra. Hasilnya, ia terpilih sebagai Wakil Ketua DPRD.

Di waktu hampir bersamaan, dia juga dijagokan Gerindra dapat mengganti Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Saat itu, Sandiaga merupakan kontestan pemilihan presiden. Namun dukungan tersebut alot. Sekitar 2 tahun, Wakil Gubernur DKI Jakarta kosong. Hingga akhirnya, rekan satu partai Taufik di Gerindra, Ahmad Riza Patria terpilih sebagai Wagub.

Sepanjang, menjabat sebagai Pimpinan DPRD, Taufik kerap berseteru dengan Gubernur DKI Jakarta saat itu, Basuki Tjahaja Purnama. Seteru itu tak menyurutkan langkah politik Taufik.

Pada 2020, gelagat Taufik berkontra dengan Gerindra mulai terasa. Taufik dirangsek mundur dari jabatannya sebagai Ketua DPD Gerindra Jakarta.

Bak operasi senyap. Ahmad Riza Patria mengambil alih. Muhammad Taufik lengser. Setelah 12 tahun tak tergantikan di kursi orang nomor satu Gerindra Jakarta.

2 dari 2 halaman

Kini, Taufik mendapat konfirmasi dirinya akan dicopot sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Riza Patria. “Ya Pak Ariza sih sudah ngomong sampaikan saja. Saya jawab ya enggak apa-apa itu memang kewenangan organisasi (partai),” kata Taufik saat dikonfirmasi, Jumat (1/4).

Pengganti Taufik, menurut informasi yang disampaikan Riza yaitu Rani Mauliyani. Rani saat ini menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra di DPRD DKI.

“Yang saya dengar sih ketua fraksi, Bu Rani,” sebut Taufik.

Atas keputusan itu, Taufik menerima. Dia memastikan tidak melakukan perlawanan apapun atas rencana pencopotan dirinya sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta.

Ia juga enggan menjawab saat disinggung mengenai rencana kepindahan dirinya ke partai politik NasDem. Saat ini, ia hanya menegaskan masih berada di Gerindra, partai besutan Prabowo Subianto.

“Sampai saat ini saya masih di Gerindra. kalau saya sudah enggak di Gerindra baru saya mikir mana yang cocok dengan ritme politik kita,” tandasnya. [eko]

Baca juga:
Desas Desus Gejolak Internal di Balik Purna Tugas M Taufik di Tengah Jalan
Gerindra Sikapi Kenaikan Harga Pangan: Manfaatkan Petani Lokal, Jangan Impor
Rani Mauliani Jadi Wakil Ketua DPRD DKI, Riza Patria: Insya Allah
Riza Patria Respons Pencopotan M Taufik dari Wakil Ketua DPRD DKI: Bentuk Penyegaran
Dicopot dari Wakil Ketua DPRD DKI, Taufik: Saya Masih di Gerindra


https://www.merdeka.com/jakarta/jejak-politik-m-taufik-di-gerindra-hingga-bakal-dicopot-dari-pimpinan-dprd-dki.html

 

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi