Jejak Dinosaurus Cretaceous Ditemukan di Cina Selatan

13 January 2022, 10:46

KBRN, Beijing: Ahli paleontologi Cina pada hari Selasa (11/1/2022) mengumumkan penemuan sejumlah jejak kaki dinosaurus di Provinsi Guangdong, Cina selatan.

Jejak kaki fosil itu secara tidak sengaja ditemukan seorang siswa sekolah menengah pertama di dekat lokasi konstruksi di Kabupaten Huaiji, Kota Zhaoqing, Guangdong, pada Juli 2021.

Sebuah tim peneliti yang dipimpin Cina University of Geosciences kemudian datang ke Huaiji untuk mempelajari jejak kaki dinosaurus dan strata batuan mereka dan merekam situasi melalui drone dan pemindaian stereo.

Mereka menemukan total tujuh jejak kaki theropoda, termasuk dua jejak kaki yang terisolasi dan satu jejak yang terpelihara dengan baik, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Historical Biology, seperti dikutip dari Xinhua, Rabu (12/1/2022).

Berdasarkan lintasan theropoda, para peneliti kemudian memperkirakan kecepatan perjalanan pembuat lintasan adalah 2,57 meter per detik, yang menunjukkan bahwa pembuat lintasan sedang berlari pada waktu itu, menurut studi tersebut.

Sebagai catatan pertama jejak dinosaurus dari Grup Zhagang Kapur di barat laut Guangdong, penemuan ini memperluas distribusi catatan dinosaurus era Kapur di Cina.

Periode Cretaceous, yang dimulai 137 juta tahun yang lalu dan berakhir 65 juta tahun yang lalu, adalah terakhir kalinya dinosaurus menguasai planet ini. Fosil dari periode itu menawarkan bukti signifikan untuk mempelajari evolusi, kondisi kehidupan, dan kepunahannya.


https://rri.co.id/teknologi/sains-dan-teknologi/1322606/jejak-dinosaurus-cretaceous-ditemukan-di-cina-selatan?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi