Jangan Heran, Bakal Capres Tebar Pesona

2 April 2022, 11:02

RM.id  Rakyat Merdeka – Bulan Ramadan menjadi ajang bagi para tokoh yang disebut-sebut bakal calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres) mensosialisasikan diri. Jangan heran, para tokoh itu aktif melakukan kegiatan sosial maupun keagamaan di bulan suci umat Islam ini.

“Politik harus pandai memanfaatkan momentum. Bulan Ramadan ini momentum mereka mendekatkan dan meraih simpati pemilih, tebar pesona, khususnya kepada segmen pemilih Islam,” kata pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Berita Terkait : Ribuan Warga Cilegon Berikrar Jaga NKRI Dari Paham Radikal Terorisme

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu tak heran, sejumlah tokoh sudah punya jadwal padat mengisi ceramah atau kegiatan sosial selama Ramadan, untuk mendongkrak elektabilitas dan simpati segmen pemilih muslim.

Anies Baswedan dipersepsikan paling dekat dengan irisan pemilih Islam. Tapi tokoh yang lain juga mulai gencar mengidentifikasikan diri dalam kelompok Islam. Semua berpeluang, tinggal kemasannya dan penyajiannya saja, siapa yang paling menarik,” tuturnya.

Berita Terkait : Aman Tarawih Aman Lebaran, Cek Prokesnya Ya…

Apakah kegiatan sosial dan kampanye terselubung ini melanggar? Ujang tak bisa memastikan. Sebab, tahapan Pemilu belum dimulai. Tak ada juga ajakan atau alat peraga identik yang ditampilkan. Paling-paling, yang bisa dikejar adalah kepala daerah atau menteri yang berkegiatan di jam kerja.

“Tapi susah ya. Misalnya, ceramah habis tarawih, itu bukan jam kerja,” tandasnya.

Berita Terkait : Jelang Ramadan, Sinar Mas Wakafkan Ratusan Al-Qur’an Ke 10 Pesantren Di Banten

Sementara, Relawan Anies Baswedan dari Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI) membantah Anies memanfaatkan Ramadan untuk kampanye.

“Kan diundang, bukan menawarkan diri. Dan yang diceramahkan isinya tidak politik praktis. Minta dipilih. Bahwa ada orang yang hadir simpati, tertarik, tentu di luar kendali Anies dan yang mengundang,” kata Syarief Hidayatulloh, Ketua Umum GPMI saat berbincang dengan Rakyat Merdeka, kemarin.
 Selanjutnya 


https://rm.id/baca-berita/nasional/118841/bulan-ramadan-tiba-jangan-heran-bakal-capres-tebar-pesona

 

Partai

K / L

BUMN

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi