Jalur KA Maros-Barru Siap Layani Penumpang Pada Oktober 2022

30 May 2022, 19:10

RM.id  Rakyat Merdeka – Pemerintah terus mempercepat pekerjaan pembangunan jalur kereta api Makassar–Parepare yang merupakan salah satu  Proyek Strategis Nasional (PSN) di Sulawesi Selatan (Sulsel). 

Target pertama yang akan diselesaikan, yaitu jalur KA Maros – Barru sepanjang kurang lebih 71 kilometer.  Jalur yang dilalui delapan stasiun tersebut, ditargetkan sudah dapat beroperasi melayani angkutan KA penumpang perintis pada Oktober 2022, dengan tujuan Stasiun Maros ke Stasiun Barru (PP).

“Setelah dua tahun pandemi, ternyata perkembangan dari pembangunan proyek ini sangat signifikan. Direncanakan bulan Oktober keretanya akan mulai beroperasi,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dikutip dari laman resmi Kemenhub, Senin (30/5).

Berita Terkait : Menhub Targetkan Jalur Maros-Barru Beroperasi Oktober 2022

Selain sebagai angkutan penumpang perintis, kereta ini juga akan difungsikan sebagai kereta wisata menuju sejumlah objek wisata di Sulsel yang potensial, seperti di daerah Kabupaten Barru dan desa wisata Rammang-rammang.

“Saya mendorong Pemda bersama stakeholder pariwisata mengembangkan wisata di sini, mulai dari kulinernya, juga pemandangan gunung, sawah, dan laut yang indah,” ucap Menhub.

Penyelesaian jalur Maros–Barru merupakan satu dari tiga target utama proyek pembangunan jalur KA Makassar–Parepare. 

Berita Terkait : Bertemu Wali Nanggroe, Ketua Majelis Syura PKS Siap Perjuangkan Perpanjangan Dana Otsus Aceh

Target kedua yaitu jalur KA yang menghubungkan ke Pelabuhan Garongkong dan pabrik Semen Tonasa (Maros-Pangkep-Barru) untuk melayani angkutan KA logistik, serta perpanjangan jalur KA dari Stasiun Maros ke Stasiun Mandai, yang ditargetkan selesai pada Maret 2023.

KA logistik/barang ini dibutuhkan untuk mengangkut komoditas, seperti batu bara, semen, dan lainnya menuju ke Pelabuhan Garongkong. 

Menhub mengharapkan, dengan kolaborasi KA penumpang dan barang ini diharapkan jalur ini akan produktif dan mampu menumbuhkan titik-titik ekonomi baru di daerah Sulsel.

Berita Terkait : Jalan Tol Serang-Panimbang Ditargetkan Beroperasi Di 2024

Selanjutnya, target ketiga yaitu melanjutkan pembangunan jalur KA dari Stasiun Barru ke Stasiun Pallanro, sehingga nantinya jalur KA ini bertambah menjadi sepanjang kurang lebih 110 kilometer, yang membentang dari Stasiun Mandai (Makassar) sampai ke Stasiun Pallanro. Jalur ini ditargetkan akan beroperasi pada triwulan II tahun 2024.■
 


https://rm.id/baca-berita/government-action/126346/jalur-ka-marosbarru-siap-layani-penumpang-pada-oktober-2022

 

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi