Jadwal Formula E Jakarta 2022, Balap Mobil Listrik Siap Digelar Akhir Pekan Ini

30 May 2022, 17:48

Jadwal Formula E Jakarta 2022, Balap Mobil Listrik Siap Digelar Akhir Pekan Ini

Suara.com – Ajang Formula E yang akan dihelat di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta, tinggal menghitung hari. Balap mobil bertenaga listrik itu bakal menjadi sejarah tersendiri bagi dunia GP Indonesia.  

Balapan di Jakarta menjadi seri kesembilan dalam kalender Formula E musim 2021-2022. Sebelum merapat ke Indonesia, balapan kali terakhir digelar di Berlin, Jerman.

Formula E telah menyandang status World Championship alias Kejuaraan Dunia merupakan ajang balap mobil listrik single-seater yang mengusung konsep satu hari selesai. Oleh karenanya, rangkaian balapan mulai dari free practice alias latihan bebas, kualifikasi, hingga race akan dilaksanakan pada hari yang sama.

Jadwal Formula E Jakarta 2022

Baca Juga:
Atap Tribun Penonton Formula E Roboh, Wagub DKI ke Masyarakat: Enggak Usah Khawatir

Dilansir dari laman resmi Formula E, berikut rincian jadwal Jakarta E-Prix 2022 pada Sabtu (4/6/2022):

  • Free practice pertama (FP1): pukul 07.15 WIB hingga 07.45 WIB.
  • Free practice kedua (FP2): pukul 09.00 WIB hingga 09.30 WIB.
  • Kualifikasi: pukul 10.40 WIB hingga 11.55 WIB.
  • Race: pukul 15.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Daftar Pembalap

Ada 22 pembalap dari 11 tim mobil listrik yang akan tampil di balapan pertama yang berlangsung di Tanah Air, Sabtu (4/6/2022).

Pembalap tenar dari tim Mercedes-EQ yang juga jebolan ajang Formula 1 (F1), Stoffel Vandoorne, dipastikan tampil. Dia akan turun bersama sang rekan, Nick de Vries. Ada pula Jean-Eric Vergne, Antonio Giovinazzi, Pascal Wehrlein dan Sebastien Buemi yang juga mantan pembalap F1.  

Ajang di Jakarta bakal menjadi pembuktian bagi Vandoorne yang kini menjadi pemimpin klasemen sementara dengan 111 poin. Jika lengah, dia bisa digusur Edoardo Mortata asal ROKiT Venturi Racing yang hanya terpaut 12 poin darinya. Apalagi Mortata tengah on fire usai memenangi balapan kedua di Berlin.

Baca Juga:
Soal Formula E, Ahmad Sahroni Berterima Kasih ke Giring PSI, Publik: Satir Komandan!

Seri Jakarta diklaim bakal memberi sensasi berbeda dibanding balapan di negara lain. Desain JIEC memungkinkan terjadinya overtake atau menyalip sehingga membuat balapan lebih kompetitif. Formula E sendiri memiliki attack mode yang berfungsi menambah tenaga mobil untuk overtaking.


https://www.suara.com/news/2022/05/30/170750/jadwal-formula-e-jakarta-2022-balap-mobil-listrik-siap-digelar-akhir-pekan-ini

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi