Jadi PM Inggris 45 Hari Lalu Resign, Liz Truss Dapat Tunjangan Rp 2 Miliar Per Tahun Seumur Hidup

21 October 2022, 14:41

Suara.com – Meskipun Liz Truss menjadi Perdana Menteri Inggris dengan jabatan tersingkat dalam sejarah, namun ia tetap akan diberi uang pensiun seperti pendahulunya.

Menyadur Mirror, status Truss sebagai PM Inggris membuatnya memenuhi syarat untuk mendapatkan uang pensiun hingga enam digit setelah keluar dari Downing Street.

Liz Truss bakal mendapatkan £115.000 atau sekitar Rp 2 miliar per tahun selama sisa hidupnya karena dia adalah Perdana Menteri, meskipun hanya menjabat selama 45 hari.

PM Inggris perempuan yang menggantikan Boris Johnson itu masih berhak atas Tunjangan Biaya Tugas Publik, yang membantu mantan perdana menteri yang masih aktif dalam kehidupan publik.

Baca Juga:
Reaksi Dunia Atas Mundurnya PM Liz Truss, Kata-kata Rusia Terkejam

Tunjangan hingga £ 115.000 setahun, berarti Truss dapat mengajukan pengeluaran ketika melakukan pekerjaan atau pengeluaran terkait dengan posisinya yang dipegang secara singkat sebagai politisi paling kuat di Inggris.

Adapun tunjangan tersebut diperkenalkan pada tahun 1991 setelah pengunduran diri Margaret Thatcher. Tunjangan itu dirancang untuk mendukung politisi yang bertanggung jawab selama lebih dari satu dekade, setelah partainya menentangnya.

Tak disangka, tunjangan itu kini terasa begitu menguntungkan Truss. Meskipun mengundurkan diri setelah menjabat selama enam minggu, nyatanya Truss juga mendapat uang pensiun setara layaknya pendahulunya yang menjabat hingga bertahun-tahun.

Batas Tunjangan Biaya Tugas Publik ditetapkan pada 2011 dan akan tetap dibekukan pada tingkat itu hingga setidaknya 2023, dan dilaporkan telah membayar jutaan sejak didirikan oleh Sir John Major, yang menggantikan Margaret Thatcher.

Kantor Kabinet mengatakan: “Biaya adalah penggantian biaya yang dikeluarkan untuk biaya kantor yang diperlukan dan biaya kesekretariatan yang timbul dari posisi khusus mereka dalam kehidupan publik. Tunjangan tidak dibayarkan untuk mendukung tugas pribadi atau parlemen.”

Baca Juga:
Pidato Lengkap PM Inggris Liz Truss Resign: Sentil Perang Ilegal Putin

Uang itu seharusnya digunakan untuk biaya kantor, korespondensi, dan berbicara di depan umum yang terkait dengan peran publik yang terus dimainkan oleh mantan perdana menteri. Biaya diganti hanya setelah bukti pengeluaran diberikan.

Tunjangan dibayarkan kepada semua mantan PM, bahkan jika mereka terus menjabat di Parlemen.

Aturan itu berarti bahwa mantan petahana seperti Theresa May, Boris Johnson, dan sekarang Liz Truss, yang terus menjabat sebagai anggota parlemen, dapat mengklaim tunjangan enam digit di atas gaji dasar Commons mereka sebesar £84.144 atau sekitar Rp 1,4 miliar.

Namun, tunjangan tidak diterima jika mantan PM menjadi pemimpin oposisi setelah keluar dari Downing Street.

Kantor Kabinet juga dapat memilih untuk mengurangi tingkat tunjangan yang tersedia jika mereka menerima penunjukan publik berbayar.

Selain tunjangan, PM yang mundur juga dapat mengklaim pesangon menteri sebesar £18.860 atau sekitar Rp 320 juta.

Jumlahnya tiga bulan dari gaji perdana menteri mereka sebesar £75.440 atau sekitar Rp 1,3 miliar, yang mereka terima di atas gaji anggota parlemen mereka.

Pada tahun 2018, The Sunday Times melaporkan bahwa mantan PM Tony Blair sudah menerima lebih dari £ 1 juta, atau sekitar Rp 17 miliar lebih melalui pot pendanaan dalam 10 tahun sejak meninggalkan kantor pada 2007.

Mantan perdana menteri John Major, Gordon Brown, David Cameron dan Theresa May juga mengklaim uang tersebut.

Menurut akun tahunan Kantor Kabinet, Sir Tony dan Sir John mengklaim jumlah £115.000 penuh yang tersedia untuk tahun 2020-2021 dan 2019-2020.

Gordon Brown, yang menggantikan Sir Tony tetapi kalah dalam pemilihan umum 2010, telah mengklaim hanya sedikit dari jumlah penuh selama dua tahun yang sama.

David Cameron mendapatkan £113.423 pada 2020-2021 dan sedikit lebih rendah, pada £111.457, pada 2019-2020.

Theresa May juga memanfaatkan PDCA sejak berhenti pada 2019.

Pada 2020-2021, mantan pemimpin Tory mengklaim £ 55.381, dengan £ 11.500 diajukan untuk tahun sebelumnya.

Mantan PM juga dapat mengklaim biaya pensiun staf, dengan lebih dari £55.000 dibebankan untuk pengeluaran tersebut pada tahun 2020-2021.

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi