ITN Bikin Mobil Listrik, Kendalanya Baterai Masih Impor

17 August 2022, 6:45

KBRN, Jakarta: Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mengembangkan sebuah mobil listrik. Mobil listrik ini diberi nama Bedjo-EV Innovative Electric Vehicle.

Namun, pengembangan mobil listrik ini terkendala baterai yang masih impor. “Ada komponen yang enggak ada di sini contohnya baterai yang masih impor,” kata Dosen Teknik Mesin ITN Malang Eko Yohanes dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Selasa (16/8/2022).

Ia mengakui baterai untuk mobil listrik ini harganya mahal. “Dibandingkan body mobilnya, itu lebih mahal baterainya. Selain itu, menurutnya, perawatan dalam mobil listrik terletak di komponen baterainya.

Untuk itu, pihaknya menunggu pemerintah untuk membuat baterai mobil listrik dalam negeri. “Kita menunggu dari pemerintah yang nantinya membuat baterai dalam negeri,” ujarnya. 

Di sisi lain, menurutnya,  mobil listrik ini mampu menempuh jarak sampai dengan 130 km dalam sekali charge. Sedangkan kecepatan sampai dengan 100 kilometer per jam.

“Untuk kecepatannya bisa 100 km per jam dan jarak tempuhnya kurang lebih 130 km tergantung kondisi jalan dan cara berkendaranya,” kata Eko.

Diketahui,  Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang meluncurkan mobil listrik, Rabu (10/8/2022). Mobil listrik yang diberi nama Bedjo-EV ini merupakan hasil karya kolaborasi sejumlah dosen dengan beberapa disiplin ilmu. 

Peluncuran mobil listrik ini menjadi langkah awal ITN untuk berupaya menghasilkan inovasi kendaraan yang ramah lingkungan. Pada tahap awal ini, mobil listrik buatan ITN menggunakan body mobil VW. 

Namun ke depan teknologi ini akan diciptakan untuk kebutuhan futuristik. Mobil listrik ini menggunakan sistem permanent magnet synchrous motor (PMSM).

“Pengembangan mobil listrik ini kolaborasi dosen dan mahasiswa ITN dengan biaya ratusan juta rupiah,” kata Eko mengakhiri. 


https://rri.co.id/teknologi/otomotif/1585599/itn-bikin-mobil-listrik-kendalanya-baterai-masih-impor?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi