Investor Ritail Indonesia Didominasi Usia di Bawah 30 Tahun

16 September 2021, 11:35

Investor Ritail Indonesia Didominasi Usia di Bawah 30 Tahun

MerahPutih.com – Pasar modal Indonesia tercatat telah memiliki sebanyak 6,1 juta investor atau naik 99 persen (yoy) per Agustus 2021. Kondisi yang menggembirakan investor ritail didominasi oleh usia di bawah 30 tahun.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyatakan, faktor pendorong adanya kenaikan investor yang mencapai 99 persen dengan mayoritas generasi muda tersebut karena sempitnya ruang belanja akibat pembatasan mobilitas.

Baca Juga:

Kemenko Perekonomian-OJK Bahas Opsi Perpanjangan Restrukturisasi Kredit UMKM

Ruang belanja yang sempit membuat masyarakat mengalihkan uangnya untuk berinvestasi di saham maupun instrumen lain di pasar modal.

“Kita tahu bahwa ruang belanja semakin sempit karena PPKM maka banyak yang mengalihkan uangnya dengan investasi di saham maupun instrumen lain di pasar modal,” jelasnya.

Sementara dari sisi suplai, penghimpunan dana di pasar modal per 31 Agustus 2021 mencapai Rp 257,9 triliun atau meningkat dari tahun lalu yang hanya Rp 118 triliun dan terdiri dari 35 emiten baru yang melakukan IPO pada 2021.

“Capaian ini luar biasa dan masih ada di pipeline sampai beberapa bulan ke depan yang sudah tercatat 80 penawaran umum dan kini sedang dalam proses dengan total Rp 40,79 triliun,” katanya.

Menurutnya, jumlah itu berpotensi bertambah sehingga dari sisi pembiayaan meski di perbankan tercatat tidak sesuai ekspektasi karena pengetatan mobilitas dan demand belum banyak namun rising fund melalui pasar modal tercatat luar biasa.

Karyawan memantau pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Karyawan memantau pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

“Ini menandakan optimisme ke depan ada terutama investasi di sektor-sektor yang menjanjikan. Banyak sektor yang rising fund di pasar modal yang kaitannya dengan startup digital. Ini masih marak dan tentu ini bisnis yang besar ke depan,” jelasnya.

Pada awal tahun 2021, tercatat nilai kapitalisasi pasar atau market capitalization (market cap) Bursa Efek Indonesia (BEI) meningkat sebesar Rp 148,42 triliun. Berdasarkan RTI, nilai kapitalisasi pasar menunjukkan jumlah total nilai saham emiten yang tercatat di BEI sebesar Rp 7.141,52 triliun. Angka tersebut naik 2,11 persen dari posisi akhir tahun 2020 yang mencapai Rp 6.993,91 triliun. (Asp)

Baca Juga:

OJK Buka Peluang Perpanjangan Restrukturisasi Kredit


https://merahputih.com/post/read/investor-ritail-indonesia-didominasi-usia-di-bawah-30-tahun

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi