Inilah 5 Intisari Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia

16 August 2022, 9:21

Proklamasi Indonesia tidak hanya menandakan Indonesia merdeka, namun memiliki intisari dan makna yang lebih dalam untuk sebuah bangsa

Untuk diketahui, proklamasi kemerdekaan Indonesia berlangsung pada Jumat, 17 Agustus 1945 yang dibacakan oleh Soekarno didampingi oleh Mohammad Hatta.

Peristiwa bersejarah di Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta tersebut menjadi momen yang menandakan Indonesia sudah bebas dari belenggu penjajahan.

Makna proklamasi kemerdekaan tidak hanya menjadi momen lepasnya Indonesia dari penjajahan namun lebih dari itu.

Proklamasi kemerdekaan harus dijadikan sebagai titik balik pembaruan kehidupan bangsa Indonesia untuk menjadi lebih baik sebagai sebuah negara dan bangsa.

Oleh karena itu, ada lima aspek hikmah ataupun intisari dari proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi bangsa yang dikutip dari Ditsmp Kemdikbud:

1. Aspek Sosial

Dalam aspek sosial, proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dibacakan di depan rakyat Indonesia oleh Bung Karno. Hal ini menandakan bahwa semua warga negara Indonesia telah dikukuhkan sebagai rakyat Indonesia dan memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam segala bidang kehidupan.

Walaupun Indonesia memiliki ras, suku, agama, atau etnis yang berbeda dan beragam, semuanya ditetapkan sebagai sebuah kesatuan yaitu Indonesia. Oleh karena itu, untuk menjunjung persatuan tersebut kita sebagai warga negara yang taat harus menjauhi sikap diskriminasi satu sama lain.

2. Aspek Budaya

Dalam aspek budaya, proklamasi kemerdekaan secara tidak langsung mengakui dan menjunjung tinggi segala macam keragaman yang ada di Indonesia. Keragaman seperti suku, ras, etnis yang tersebar di penjuru wilayahnya, membuat Indonesia memiliki banyak kebudayaan dan ciri khas masing-masing di setiap daerahnya.

Sebagai bangsa yang berbudaya, hendaknya seluruh warga negara Indonesia harus memiliki rasa nasionalisme yang didasarkan pada kebudayaan bangsa Indonesia.

Maka dari itu, sebagai bangsa yang berbudaya hendaknya kita memiliki kepribadian nasionalisme yang tinggi didasarkan pada kebudayaan bangsa Indonesia yang berdasar Pancasila.

3. Politik

Pada aspek politik, Proklamasi dimaknai dengan menetapkan bahwa pemerintahan Indonesia adalah pemilik kekuasaan tertinggi dan sudah terlepas dari segala bentuk kolonialisme yang pernah membelenggunya.

Perjuangan bangsa Indonesia selama ini akhirnya terbayarkan dengan kemerdekaan. Dengan ini, negara lain juga perlu mengetahui bahwa Indonesia sekarang adalah negara yang merdeka dan tidak berada dibawah pendudukan siapa pun.

4. Pendidikan

Momen proklamasi bisa dijadikan sebagai acuan bagi masyarakat Indonesia untuk terus maju dan berkembang. Salah satunya adalah melalui pendidikan yang unggul dan berkualitas.

Indonesia sudah merdeka, jadi seluruh rakyatnya, laki-laki atau perempuan, miskin atau kaya, semuanya bisa menempuh pendidikan dengan layak.

Demi mewujudkan generasi yang berkualitas di masa mendatang, perlu diterapkannya standar kualitas pada lembaga pendidikan.

Baca Juga: MPR Gelar Sidang Tahunan di Kawal Oleh 4.642 Personal Gabungan yang Menjaga Keamanan

5. Ekonomi

Pada aspek ekonomi, Indonesia berhak secara utuh menguasai dan memanfaatkan sumber daya alam yang dimilikinya. Selain itu, tidak ada lagi bentuk monopoli dari bangsa lain maupun perampasan sumber daya Indonesia oleh bangsa asing.

(***)


https://www.riau24.com/berita/baca/1660614283-inilah-5-intisari-proklamasi-kemerdekaan-bagi-bangsa-indonesia

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi