Ini Perbedaan D1, D2, D3, D4 dan S1 Agar tak Salah Pillih

17 September 2021, 11:13

Pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang menunjang penguasaan keahlian terapan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Untuk kalian yang kini kelas tiga SMA/SMK sederajat dan mungkin sedang bimbang dalam menentukan jenjang pendidikan selanjutnya. Sebelum, memilih perguruan tinggi yang akan kalian tuju, maka ketahui terlebih dahulu perbedaan D1, D2, D3, D4 dan S1 agar tidak salah memilih jenjang studi.

Pada dasarnya, pendidikan tinggi terbagi menjadi dua, yaitu pendidikan vokasi dan pendidikan akademik. Lalu, apa itu pendidikan vokasi? Pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, meliputi program pendidikan diploma satu (D1), diploma dua (D2), diploma tiga (D3) dan diploma empat (D4).

Sedangkan, pendidikan akademik yakni pendidikan tinggi yang diarahkan, terutama pada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan lain sebagainya yang mencakup program pendidikan sarjana (S1), magister (S2) dan doktoral (S3).

Lantas, jenjang pendidikan apa yang sebaiknya dipilih? Maka, sebelum menentukan pilihan, Yuk, simak dan kenali perbedaannya!

Program D1

Program pendidikan Diploma satu (D1) memiliki masa belajar satu tahun dengan mengedepankan suatu keterampilan yang siap kerja. Jika memang sudah siap kerja D1 merupakan pilihan yang paling tepat karena cepat lulusnya.

Selama satu tahun atau dua semester, akan mendapat beban matakuliah sebanyak 32 SKS (Satuan Kredit Semester). Setelah lulus, akan mendapat gelar A.P. atau disebut Ahli Pratama. Namun, sangat jarang perusahaan yang mencantumkan D1 sebagai requirement minimum untuk bekerja.

Berikut beberapa program studi D1 dapat dipilih:
1. Program Studi Pajak, Kepabeanan dan Cukai, dan Kebendaharaan Negara di Politeknik Keuangan Negara. (http://www.pknstan.ac.id/).
2. Program Studi Perhotelan di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti. (https://trisakti.ac.id/).
3. Program Studi Teknik Informatika di Akademi Komunitas Negeri Pacitan. (https://new.aknpacitan.ac.id/).

Program D2

Program pendidikan Diploma dua (D2) memiliki masa belajar lebih lama dari D1, yaitu dua tahun dengan mendapatkan matakuliah praktik dan teori yang lebih banyak ketimbang D1. Ketika lulus, akan menyandang gelar A.Ma atau disebut Ahli Muda.

Berikut beberapa program studi D2 yang dapat dipilih:
1. Program Studi Pengujian Kendaraan Bermotor di Sekolah Tinggi Transportasi Darat. (https://www.ptdisttd.ac.id/).
2. Program Studi Teknik Pembuatan Garmen di Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta. (https://ak-tekstilsolo.ac.id/).
3. Program Studi Akomodasi Perhotelan di Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia. (https://mapindo.ac.id/).

Program D3

Program pendidikan Diploma tiga (D3) bisa dikatakan menjadi program studi yang paling diminati karena durasi tempuh dan program pendidikannya dinilai cukup untuk siap bekerja. Durasi tempuh program studi D3 yakni tiga tahun dengan jumlah SKS sebanyak 112 SKS.

Tentunya, lebih unggul jika kita bandingkan dengan D1 dan D2. Saat ini, sudah banyak perguruan tinggi yang membuka program studi pada jenjang pendidikan D3. Dengan pilihan program studi yang menarik dan beragam membuat program studi D3 ramai peminat.

Lulusan program studi D3, akan meraih gelar A.Md atau disebut juga Ahli Madya dan menjadi lulusan yang siap kerja dan siap bersaing di dunia kerja profesional. Pilihan program studi D3 lebih beragam ketimbang jenjang D1 atau D2. Terdapat pula fakultas khusus vokasi yang mewadahi program studi D3 di berbagai perguruan tinggi.

Berikut beberapa program studi D3 yang dapat dipilih:

1. Program Studi Sistem Informasi, Teknologi Komputer, Sistem Informasi Akuntansi, Administrasi Bisnis, Manajemen Pajak, Perhotelan, Administrasi Perkantoran, Akuntansi, Public Relation, Penyiaran dan Bahasa Inggris di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). (http://www.bsi.ac.id/).
2. Program Studi Bahasa Inggris di Sekolah Tinggi Bahasa Asing LIA. (https://stbalia.ac.id/).
3. Program Studi Seni Rupa dan Desain di Universitas Kristen Maranatha. (https://www.maranatha.edu/).

Program D4

Program pendidikan Diploma empat (D4) lebih banyak mempelajari ilmu praktik dibandingkan ilmu teori dengan masa pendidikan empat tahun dengan jumlah SKS yang wajib ditempuh sebanyak 144 SKS.

Lulusan program pendidikan ini seringkali disebut Sarjana Terapan. Setelah lulus kalian akan meraih gelar S.ST yaitu Sarjana Sains Terapan.

Berikut program pendidikan D4 yang dapat dipilih:
1. Program Studi Kebidanan di Universitas Gadjah Mada. (https://www.ugm.ac.id/).
2. Program Studi Hotel Management di Binus University. (https://binus.ac.id/).
3. Program Studi Keuangan dan Perbankan di Politeknik Negeri Jakarta. (https://www.pnj.ac.id/).

Program S1

Berbeda dengan program pendidikan Diploma, program pendidikan Strata satu (S1) mengedepankan ilmu teori ketimbang praktik. Pendidikan ini sangat cocok untuk yang mengedepankan ilmu teori dengan perbandingan sekitar 60 persen teori dan 40 persen ilmu praktik.

Program pendidikan S1 memiliki durasi tempuh empat tahun, dengan jumlah SKS sebanyak 144-166 SKS. Syarat kelulusan program studi ini adalah skripsi, yang memiliki beban 6 SKS. Setelah lulus, akan mendapat gelar Sarjana dengan awalan ā€œSā€ yang diikuti dengan singkatan dari jurusan yang sudah diambil.

Beberapa program studi S1 yang dapat diambil diantaranya :
1. Program Studi Teknologi Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknik Industri, Teknik Elektro, Akuntansi, Manajemen, dan Ilmu Komunikasi di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). (https://www.bsi.ac.id).
2. Program Studi Sistem Informasi, Informatika, Sains Data, Manajemen, dan Bisnis Digital di Univesitas Nusa Mandiri (UNM). (https://nusamandiri.ac.id).
3. Program Studi Teknik Informatika dan Bisnis Manajemen di Universitas Bina Nusantara. (https://binus.ac.id).

Itulah perbedaan jenjang studi yang perlu generasi muda ketahui, sebelum akhirnya menentukan pilihan akan mengambil studi pada jenjang apa dan akan menjadi apa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat generasi muda sekalian.


https://www.republika.co.id/berita/qzk8sq423/ini-perbedaan-d1-d2-d3-d4-dan-s1-agar-tak-salah-pillih

Tokoh

Partai

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi