Ini Peluang dan Tantangan dalam Mengamankan Ruang Kerja Hybrid

16 September 2021, 21:10

Liputan6.com, Jakarta – Kemunculan varian Covid-19 baru yang menimbulkan berbagai ketidakpastian terkait pandemi mendorong perusahaan-perusahaan di seluruh dunia untuk membuat rencana jangka panjang dan model kerja, baik bekerja di kantor, remote working ataupun hybrid working.

Di tengah masa transisi ini, Entrust memaparkan hal-hal yang dibutuhkan perusahaan untuk mengamankan tempat kerja hybrid dalam penelitian terbarunya yang berjudul “Securing the New Hybrid Workplace.”

Terungkap bahwa mayoritas pemimpin bisnis (64%) dan karyawan (54%) secara global mengatakan bahwa perusahaan mereka saat ini menggunakan model hybrid working. Bahkan, 89% pemimpin bisnis dan 87% karyawan mengaku yakin dengan keamanan data perusahaan saat bekerja di luar kantor.

Namun, saat mereka bekerja di kantor, 77% pemimpin bisnis dan 93% karyawan secara global setuju bahwa penting bagi perusahaan untuk memiliki sebuah sistem yang mencatat dan melacak pengunjung yang keluar-masuk gedung saat karyawan bekerja di kantor.

Keamanan data saat ini, menurut laporan Entrust, menjadi prioritas bagi mayoritas pemimpin bisnis, sehingga 81% mengatakan perusahaan mereka sudah menawarkan pelatihan keamanan data untuk para karyawan. Namun hanya 61% karyawan mengatakan perusahaan mereka menawarkan pelatihan tersebut, yang bisa menjadi indikasi ada kesenjangan dalam komunikasi.

Dalam penelitian ini Entrust melakukan survei terhadap 1.500 pemimpin bisnis dan 1.500 karyawan di Amerika Serikat, Inggris, Australia, Jerman, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Indonesia, Jepang dan Singapura. Responden dari Indonesia meliputi 150 pemimpin bisnis dan 150 karyawan.

Survei ini digelar untuk lebih memahami bagaimana pekerja dari level manajer hingga ke jajaran direksi menyiapkan ruang kerja berbasis hybrid. Temuan-temuan utama dari penelitian ini di Indonesia, meliputi:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

WFH mulai jadi sesuatu yang normal, simak tips berikut agar kerja dari rumah semakin produktif.


https://www.liputan6.com/tekno/read/4659463/ini-peluang-dan-tantangan-dalam-mengamankan-ruang-kerja-hybrid

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi