Ini Kata Lukman Sardi Mengenai Karakternya di Autobiography

25 January 2023, 12:02

AKTOR Lukman Sardi bercerita soal hal menarik dari karakter yang ia perankan di film suspense thriller Autobiography meski tidak mendapatkan banyak adegan.

Dalam film panjang pertama garapan sutradara Makbul Mubarak itu, Lukman Sardi berperan sebagai polisi bernama Soewito. 

Saat menyetujui memerankan tokoh tersebut, sang aktor mengaku melihat Autobiography memiliki cerita yang kuat sehingga baginya, jumlah adegan bukanlah masalah.

Baca juga: Kevin Ardilova Sebut Autobiography Bercerita tentang Kemerdekaan

“Pada saat aku baca sebuah film, bukan berapa banyak karakternya muncul, tapi bagaimana cerita film ini sangat kuat dan buat aku ada yang bisa aku eksplor,” kata Lukman, dikutip Rabu (25/1).

Menurut Lukman, Soewito merupakan seorang petugas yang tetap pada pendirian untuk menjalankan tugas seperti biasanya meski menyadari ada hal-hal yang tampak tidak beres.

“Buat aku, ini jadi eksplorasi yang menarik karena ada sebuah karakter yang sebenarnya dia punya kapabilitas untuk melakukan banyak hal dari sisi hukum, tapi dia memilih diam di tengah-tengah. Itu yang justru menarik buat aku pribadi dan kalau kita lihat di sekitar kehidupan, pasti ada orang-orang yang seperti itu,” jelas Lukman.

“Makanya, bukan masalah banyak atau tidak (adegan). Tapi ketika satu karakter ditaruh di satu tempat, di satu cerita, berarti dia penting dan punya makna,” imbuhnya.

Film Autobiography bercerita tentang pemuda bernama Rakib, yang bekerja sebagai pengurus rumah tangga tunggal di sebuah rumah kosong milik pensiunan jenderal bernama Purna.

Setelah Purna kembali ke rumah untuk kampanye pemilihan bupati, Rakib menjadi sangat terikat dengan lelaki tua itu. 

Suatu hari, poster pemilihan Purna ditemukan rusak. Rakib pun melacak pelakunya. Aksinya itu kemudian memicu rantai kekerasan.

Selain Lukman Sardi, film yang sebelumnya berhasil meraih penghargaan dari berbagai festival nasional dan internasional itu juga dibintangi Kevin Ardilova, Arswendy Bening Swara, Yusuf Mahardika, Rukman Rosadi, Yudi Ahmad Tajudin, Haru Sandra, dan mendiang Gunawan Maryanto. 

Film tersebut sudah tayang di bioskop mulai 19 Januari lalu. (Ant/OL-1)

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi