Ini Alasan Pentingnya Sikat Gigi Sebelum Sarapan Menurut Para Ahli

16 September 2021, 12:05

Ini Alasan Pentingnya Sikat Gigi Sebelum Sarapan Menurut Para Ahli

Ada saja orang yang lebih suka menyelesaikan sarapan nya baru menyikat gigi agar tidak mengganggu cita rasa alat indera pengecap. Kendati anjuran ini ternyata dibantah oleh para ahli kesehatan gigi.

Mengutip dari Daily Mail , mahasiswa kedokteran gigi di Tufts University di Massachusetts bernama Ola, adalah salah satu dari banyak profesional dentist yang kerap berbagi pengetahuannya di media sosial, terutama TikTok. Melalui video itu, ia berhasil menarik perhatian banyak orang.

Dalam video viral itu, ia mengatakan bahwa kita sebaiknya selalu menyikat gigi di pagi hari sebelum makan. Hal ini dilakukan untuk mencegah menumpuknya bakteri yang mendiami mulut semalaman. Dengan menyikat gigi sebelum makan, juga dapat mencegah risiko gigi berlubang, menurutnya.

Anggapan ini rupanya juga diamini oleh ahli kesehatan gigi lain yang berbasis di New York, Avalene. Ia mengatakan bahwa sikat gigi tepat setelah sarapan justru dapat merusak gigi.

Selain itu, dokter gigi selebriti, Dr Richard Marques menambahkan, waktu yang ideal untuk membersihkan gigi adalah 10 menit sebelum sarapan. Hal ini untuk menghindari kerusakan enamel atau lapisan luar tipis pada gigi.

Dr Richard Marques yang memiliki klien selebriti termasuk Rita Ora, Anne-Marie, Tom Daley, sampai Dua Lipa itu juga mengungkapkan, hal terpenting adalah menyisakan waktu sebelum makan dan menyikat gigi.

“Ini adalah debat lama, tetapi saran profesional saya, adalah bahwa tidak masalah apakah Anda menyikat sebelum atau sesudah makan –itu adalah jumlah waktu Anda menunggu di antara sebuah kegiatan,” jelasnya.

com-Ilustrasi Sarapan Pagi Foto: Shutterstock

Lebih lanjut ia menyarankan, jika kamu lupa dan ingin membersihkan gigi setelah makan, maka sebaiknya menunggu minimal 30 menit terlebih dahulu. Ini agar enamel yang melapisi gigi melemah sementara setelah makan.

Rupanya tak hanya tips kesehatan gigi tersebut saja yang viral di TikTok. Adapula Ahli bedah NHS Dr Karan Raj yang memiliki 4,4 juta pengikut, yang justru menegaskan bahwa sebaiknya menyikat gigi dilakukan sebelum sarapan. “Anda harus menyikat gigi sebelum sarapan, bukan sesudahnya,” tegasnya dalam video.

Ia turut memberikan gambaran yang menjelaskan bagaimana pasta gigi dapat menutupi gigi, dan melindungi enamel dari makanan atau minuman asam yang kamu konsumsi. Hal ini juga dapat meningkatkan produksi air liur yang membantu memecah makanan, dan secara alami membunuh bakteri berbahaya di mulut.

Seperti diketahui bahwa Enamel memiliki peran penting sebagai salah satu pelindung gigi. Bahkan sulit untuk dipulihkan bila terjadi kerusakan pada enamel. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaganya.

Tak sampai di situ, kamu juga perlu memperhatikan pilihan menu sarapan agar gigi tetap kuat dan sehat. Dr Richard Marques menyarankan untuk menghindari sereal manis, buah asam, jus dan susu. Ia juga menambahkan bahwa hal yang baik adalah untuk mengonsumsi bubur dengan madu, dan bukan gula putih, roti gandum, telur, alpukat, atau bahkan sarapan lengkap ala Inggris.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan alasan sebaiknya kamu menyikat gigi sebelum sarapan. Namun, bila kamu masih ragu, konsultasikan dulu saja ke dokter.

Reporter: Destihara Suci Milenia

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi