Ingatkan bahaya varian Mu, Epidemiolog: 7 kali lebih kuat

16 September 2021, 12:46

Ingatkan bahaya varian Mu, Epidemiolog: 7 kali lebih kuat

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID –  JAKARTA. Virus Covid-19 terus bermutasi. Tentu ini bisa menjadi ancaman bagi seluruh negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. 

Setelah mulai berhasil menaklukkan varian Delta, varian Mu nampaknya mulai mengintai Indonesia. Epidemiolog Griffith University Dicky Budiman pun mengingatkan, Indonesia tak bisa abai akan mutasi ini. 

Menurut Dicky, masuknya varian-varian baru Covid-19 di Indonesia ini karena keabaian, baik itu tidak taat menerapkan protokol kesehatan, testing, tracing, dan treatment (3T), maupun masuknya orang dari negara lain. 

“Tetap harus waspada, kita tidak boleh abai. Karena, varian ini tujuh kali lebih mampu menurunkan efikasi dari antibodi yang sudah dibentuk dari vaksinasi, maupun orang yang pernah terinfeksi, maupun terapi antibodi,” ujar Dicky kepada Kontan.co.id, Rabu (15/9). 

Baca Juga: Varian virus ini disebut lebih berbahaya dari Delta, apa namanya?

Walaupun belum jadi varian of concern, plus kecepatan penularan juga tak secepat varian Delta, serta tidak ada perubahan gejala, tetapi masyarakat tetap tak boleh menganggap enteng varian ini. 

Dan meski varian ini belum terkonfirmasi masuk ke Indonesia, ia tetap berpesan agar pemerintah dan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yaitu dengan menjalankan 5M. 

Tak hanya itu, proses 3T juga perlu digalakkan. Plus vaksinasi tetap harus berjalan, untuk tetap mencapai herd immunity. 

“Yang terpenting, pemerintah tetap harus melakukan pembatasan yang ketat dan menjaga pintu masuk. Apalagi, Indonesia ini luas, jadi harus dijaga baik pintu masuk darat, laut, maupun udara,” tambahnya. 

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Reporter: Bidara Pink
Editor: Noverius Laoli


https://nasional.kontan.co.id/news/ingatkan-bahaya-varian-mu-epidemiolog-7-kali-lebih-kuat

Partai

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi