Inflasi Eropa Capai Rekor Tertinggi Sepanjang Sejarah, Segini

24 October 2022, 4:51

Jakarta, CNBC Indonesia – Inflasi zona Eropa pada September 2022 tercatat sebesar 9,9% secara tahun tahunan (year-on-year/yoy), sedikit di bawah estimasi awal sebesar 10%.
Meskipun begitu, berdasarkan data yang dirilis EUROSTAT, Rabu (19/10/2022), inflasi itu lebih tinggi dari bulan sebelumnya sebesar 9,1% sekaligus menjadi rekor tertinggi sepanjang sejarah pencatatan yang dimulai pada 1991.
Angka itu juga jauh di atas target Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) sebesar 2%. Hal tersebut memperkuat alasan bank sentral untuk terus memperketat kebijakan moneternya, utamanya dengan menaikkan suku bunga.

Adapun, tingginya angka inflasi itu terjadi seiring dengan nilai mata uang euro yang mencapai titik terendah dalam 20 tahun dan krisis energi yang melanda.
Tekanan tertinggi datang dari harga energi yang naik hingga 40,7% yoy, diikuti oleh makanan, alkohol, dan tembakau sebesar 11,8% yoy; jasa 4,3% yoy, dan barang industri non energi sebesar 11,8% yoy.
Sementara itu, inflasi inti September 2022, yang tidak termasuk harga bergejolak, tercatat sebesar 4,8% atau sesuai dengan ekspektasi. Angka tersebut naik dari bulan sebelumnya sebesar 4,3%.

Adapun, inflasi September 2022 secara bulanan (month-to-month/mtm) tercatat sebesar 1,2% atau sesuai dengan proyeksi. Namun, angka itu naik dari bulan sebelumnya sebesar 0,6%.

[-]

Eropa Lagi Pening, Dihantam Inflasi & Dihantui Resesi

(luc/luc)

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi