Infeksi usai Bedah Sesar, Pasien di Lombok Dioperasi Berulang Kali

31 May 2022, 7:52

Selasa, 31 Mei 2022 – 06:55 WIB

VIVA – Seorang pasien yang akan melahirkan di Lombok, Nusa Tenggara Barat, menjalani operasi sesar di RSIA Permata Hati, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Pasien bernama Nirmala Adni (24 tahun) menjalani operasi sesar pada 10 Mei 2022 dan bayi perempuannya lahir dengan selamat.

Namun, pada 13 Mei, Nirmala mengeluhkan sakit dan menderita demam selama beberapa hari. Keluarganya kemudian membawanya kembali ke RSIA Permata Hati pada 17 Mei.

Seorang anggota keluarga pasien, Syawaluddin, mengatakan Nirmala dibawa untuk kali kedua ke rumah sakit, kondisinya mengalami infeksi pada bekas operasi. “Saat itu diketahui bekas operasinya bermasalah dan mengalami infeksi,” katanya kepada wartawan di Mataram, Senin, 30 Mei.

Manajemen RSIA kemudian memutuskan untuk membuka ulang jahitan dan melakukan operasi kedua kalinya. Pada 25 Mei, Nirmala kembali mengeluhkan sakit dan demam. Keluarganya kembali membawanya ke RSIA Permata Hati untuk menjalani operasi pembukaan dan dijahit ulang. Ia pun diminta untuk rawat inap di RSIA Permata Hati dan masih dirawat di sana sampai sekarang.

Ilustrasi ibu melahirkan (iluvtari dari unsplash)

Ilustrasi ibu melahirkan (iluvtari dari unsplash)

Syawal mengaku telah beberapa kali bertanya kepada pihak rumah sakit namun justru jawaban ketus didapat dari perawat. “Malah oknum perawat bilang, ‘Bapak diam saja, ada ribuan orang melahirkan sesar di sini’. Nadanya sangat ketus dan tidak ramah,” ujarnya.

Dia meminta manajemen rumah sakit untuk lebih serius menangani pasien. Soalnya keluhan terhadap rumah sakit tersebut bukan kali pertama terjadi. Apalagi sejauh ini anak Nirmala yang baru lahir harus terpisah dari ibunya dan dirawat di rumah neneknya di Kediri, Lombok Barat.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1480049-infeksi-usai-bedah-sesar-pasien-di-lombok-dioperasi-berulang-kali?headline=1

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi