Indonesia Retail Summit 2022 Dongkrak Daya Beli Masyarakat

16 August 2022, 9:14

KBRN, Jakarta: Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menyambut baik penyelenggaraan Indonesia Retail Summit 2022.  Ini jadi momentum memulihkan industri ritel modern di Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19 sekaligus mendongkrak daya beli masyarakat.

Kegiatan yang digelar Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) tersebut, menurut Teten akan mampu mendorong peningkatan konsumsi masyarakat. 

“Hal itu penting karena struktur pertumbuhan ekonomi Indonesia selama ini digerakkan oleh konsumsi rumah tangga,” kata Teten, kepda wartawan di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (15/8/2022). 

Indonesia Retail Summit 2022 sekaligus Hari Retail Modern Indonesia 2022 diselenggarakan di Sarinah pada tanggal 15-16 Agustus 2022.

Agenda juga ini menjadi media penyatuan visi misi para pelaku usaha di sektor ritel dan pusat belanja modern untuk bangkit dan pulih setelah pandemi.

Teten optimistis masyarakat akan terpacu untuk kembali berbelanja sehingga diharapkan pada kuartal III 2022, pertumbuhan ekonomi nasional tetap tumbuh tinggi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pertumbuhan ekonomi di kuartal II 2022 sebesar 5,44 persen.

“Kita tahu di kuartal II pertumbuhan ekonomi kita membaik dan 53 persen ditunjang oleh konsumsi rumah tangga. Jadi kita harus bersama menggerakkan konsumsi rumah tangga,” kataTeten. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga memberikan dukungan penuh Indonesia Retail Summit 2022 dan Hari Retail Modern Indonesia 2022. 

Menurutnya agenda ini menjadi bukti sinergi yang baik antara pemangku kepentingan dan swasta dalam mendorong peningkatan UMKM di Indonesia. Dia berharap Hippindo terus memberikan dukungan terhadap brand-brand lokal khususnya produk UMKM untuk bisa tampil di mall-mall besar. 

“Saya titip ke Hippindo, jangan hanya kita jadi market tapi bagaimana kita ada kesepakatan nasional seberapa persen brand lokal bisa mendapat tempat di mall di Indonesia. Ini mesti saling asuh,” ujar Erick.

Menurut Erick, Hippindo dan asosiasi lainnya juga punya tanggung jawab yang sama untuk mendorong sektor UMKM agar lebih bersaing. Sebab faktanya 97 persen lapangan pekerjaan di Indonesia disediakan oleh sektor ini.

Erick juga berharap Hippindo memberikan dukungan pada UMKM agar bisa go internasional sehingga produknya bisa masuk pasar ekspor.


https://rri.co.id/ekonomi/1583576/indonesia-retail-summit-2022-dongkrak-daya-beli-masyarakat?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Media

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi