Indonesia Pimpin G20, Partai Perindo: Jokowi Jadi Tokoh Sentral, Berprestasi Tekan Covid-19

3 November 2021, 18:47

https: img.okezone.com content 2021 11 03 337 2496197 indonesia-pimpin-g20-partai-perindo-jokowi-jadi-tokoh-sentral-berprestasi-tekan-covid-19-HokwyQVeJu.jpg

JAKARTA Partai Perindo menyambut positif dan bangga atas terpilihnya Indonesia sebagai Presidensi G20 pada tahun 2022 dan meneruskan tongkat estafet kepemimpinan atau presidensi G20 dari Italia.

Ketua Bidang Kebijakan Publik dan Politik DPP Partai Perindo, Heri Budianto mengatakan capaian ini tidak terlepas dari figur Presiden Joko Widodo sebagai tokoh sentral yang banyak mencuri perhatian dari para pemimpin negara lain yang hadir dalam KTT G20 di Roma.

“Presiden Jokowi menjadi tokoh sentral dan paling mencuri perhatian di G20,” kata Heri di Jakarta, Rabu (3/11/2021).  

Baca juga:  Dampingi Presiden Jokowi Temui Joe Biden, Menko Luhut: Saya Bangga

Heri mengungkapkan, ada 3 hal yang membuat Presiden Jokowi menjadi tokoh sentral dan paling banyak diperbincangkan di KTT G20.

Pertama, Indonesia mampu menekan angka kasus Covid-19 hingga 7% di bawah rata-rata kasus aktif di dunia yang berada di angka 23,84%.

“Atas prestasi ini, tentu Presiden Jokowi dinilai berhasil dan mampu menangani pandemi Covid-19 di Indonesia,” ujar Heri.

Baca juga:   Presiden Jokowi Bahas Perkembangan Afganistan dengan Presiden Dewan Eropa

Kedua, tahun 2022 Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT G20 yang artinya Presiden Jokowi akan menjadi ketuanya.

“Hal ini tentu menjadi menarik bagi pimpinan dunia yang hadir di G20 dan secara langsung berefek pada Presiden Jokowi,” ungkap Juru Bicara Partai Perindo tersebut.

Ketiga, soal seruan Jokowi kepada pemimpin dunia dalam KTT G20 di La Nuvola, Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021) lalu tersebut, yaitu guna memperkuat arsitektur kesehatan global.

Pernyataan tersebut tentu menunjukkan bahwa Jokowi begitu concern atas kondisi dunia yang diterpa badai Covid-19.

Hal itu menyusul langkah Presiden Jokowi yang aktif mencari solusi untuk mengatasi kelangkaan dan kesenjangan vaksin, obat-obatan dan alat-alat kesehatan esensial yang harus dilakukan secara merata.

Heri menuturkan kesehatan global menjadi kunci kesehatan dunia. Sebab jika tidak merata, maka akan mengganggu penyelesaian pandemi secara global dan dampaknya akan berakibat pada langkah berikutnya yakni pada pemulihan ekonomi global.

“Bagi Partai Perindo, apa yang disampaikan Presiden Jokowi sangat sejalan dengan perjuangan dan cita-cita Partai Perindo dan mendukung bagaimana pemulihan ekonomi global lebih kuat, inklusif dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Heri menegaskan di bawah kepemimpinan Jokowi, Partai Perindo berharap penguatan ekonomi keluarga menjadi stimulus ekonomi kecil dan menengah guna mendorong ekonomi nasional menjadi lebih baik lagi.

“Baik itu untuk ekonomi nasional masing-masing negara sehingga mendorong kemampuan ekonomi global lebih cepat membaik,” pungkasnya.

Diketahui, Presiden Jokowi resmi menerima Presidensi G20 dari Perdana Menteri Italia, Mario Draghi. Penyerahan presidensi tersebut dilakukan pada sesi penutupan KTT G20 Roma yang berlangsung di La Nuvola, Roma, Italia, Minggu (31/10/201).

Sebagai tuan rumah tahun depan, Jokowi mengajak para pemimpin negara untuk menghadiri agenda G20 yang akan dilaksanakan Bali pada 2022.


https://nasional.okezone.com/read/2021/11/03/337/2496197/indonesia-pimpin-g20-partai-perindo-jokowi-jadi-tokoh-sentral-berprestasi-tekan-covid-19?page=1

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi