Indonesia-Korea Selatan Kerja Sama Jamin Mutu Produk Perikanan

30 May 2022, 20:58

Liputan6.com, Jakarta Indonesia dan Korea Selatan tekenkerja sama dalam memperkuat penjaminan mutu produk perikanan. Diharapkan kerja sama ini mampu meningkatkan kualitas produk perikanan.

Komitmen tersebut terlihat pada pertemuan antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang diwakili oleh Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) dengan National Fishery Products Quality Management Service (NFQS), Korea Selatan.

“Indonesia dan Korea Selatan telah lama memiliki sejarah yang baik dalam kerja sama di bidang kemaritiman dan perikanan termasuk di dalamnya hubungan perdagangan ikan,” kata Plt. Kepala BKIPM, Hari Maryadi saat digital bilateral meeting dengan Korsel, mengutip keterangan resmi, Senin (30/5/2022).

Hari menambahkan, dalam upaya menjaga mutu serta keamanan hasil perikanan kedua lembaga telah membentuk kerja sama bilateral sejak 2 September 2016.

Melalui Arrangement on the Cooperation in Quality Control and Hygiene Safety of Import and Export Fish and Fishery Products yang ditandatangani di Bali, kedua lembaga sepakat melakukan formalisasi dan saling menghargai. Serta mengakui sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan yang berlaku di masing-masing negara.

Adapun pada pertemuan hari ini, kedua lembaga membahas dan berdiskusi berbagai perkembangan terbaru.

“Tentu yang berkaitan atau berdampak terhadap perdagangan komoditas ikan dan hasil perikanan serta perubahan teknis yang mungkin terjadi dalam perdagangan komoditas ikan dan hasil perikanan kedua negara,” jelas Hari.

Dalam kesempatan ini, Hari menyebut jajarannya terus membangun komunikasi sekaligus mencari solusi terbaik yang saling menguntungkan antara NFQS dan BKIPM dalam rangka semangat fasilitasi perdagangan (trade facilitation) dan persahabatan kedua negara.

 

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kembali pimpin penenggelaman kapal asing yang tertangkap akibat melakukan illegal fishing di Natuna, Kepulauan Riau. Ada 13 kapal yang dimusnahkan di 3 lokasi berbeda.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4974709/indonesia-korea-selatan-kerja-sama-jamin-mutu-produk-perikanan

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi