Indonesia Iran Perkuat Kerja Sama Wisata dan Sektor Ekonomi Kreatif

17 June 2021, 3:59

Menparekraf Sandiaga Uno bertemu Duta Besar Iran Mohammad Khosh Heikal Azad di Jakarta

PIKIRAN RAKYAT – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno bertemu dengan Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Khosh Heikal Azad.

Pertemuan keduanya berlangsung Selasa, 15 Juni 2021 di Gedung Sapta Pesona Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, dibahas terkait memperkuat kerja sama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kedua negara.

Saat pertemuan, Sandiaga Uno menyebutkan Indonesia dan Iran memiliki ikatan sejarah dan budaya yang sudah lama terbangun.

“Ini terlihat dari catatan sejarah kita yang menyebutkan kedatangan para pedagang asal Iran ke Indonesia di masa lalu serta beberapa kesamaan kosakata dalam bahasa Indonesia dan bahasa Persia,” kata Sandiaga dalam keterangan pers yang diterima Pikiran-Rakyat.com, Rabu, 16 Juni 2021.

Baca Juga: Elsa Pulang ke Rumah Papa Surya Sambil Menangis, Diusir Nino? Sinopsis Ikatan Cinta 16 Juni 2021

Sandiaga berpendapat, Indonesia dan Iran perlu terus menjalin kerja sama di bidang wisata sejarah dengan menggandeng berbagai pihak terkait.

“Wisata budaya dan sejarah menjadi salah satu prioritas kami agar dapat menarik wisatawan asal Iran untuk berkunjung ke Indonesia,” katanya.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, pada 2019, tercatat ada 10.440 wisatawan Iran yang berkunjung ke Indonesia. Namun, angka ini mengalami penurunan di tahun 2020 akibat pandemi COVID-19, yaitu sebesar 1.340 wisatawan.

“Kolaborasi ini kita harapkan dapat meningkatkan kembali angka kunjungan wisatawan Iran ke Indonesia di masa yang akan datang pascapandemi COVID-19,” tutur Sandiaga.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-012065727/indonesia-iran-perkuat-kerja-sama-wisata-dan-sektor-ekonomi-kreatif

Tokoh

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi