Indonesia Dilanda 1.137 Bencana Sepanjang Januari-Maret 2022

2 April 2022, 12:10

Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 1.137 bencana terjadi sepanjang Januari-Maret 2022. Bencana hidrometeorologi basah, seperti banjir, tanah longsor, dan cuaca ekstrem, mendominasi.
 
“Jadi kalau kita rata-rata secara harian, dalam satu hari paling tidak kita memiliki tiga kali kejadian bencana. Ini cukup luar biasa,” kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam dikutip dari laman YouTube BNPB pada Sabtu, 2 April 2022.
 
Bencana banjir tercatat 452 kejadian, tanah longsor 208 kejadian, dan cuaca ekstrem 405 kejadian. Kemudian, gempa bumi delapan kejadian, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) 56 kejadian, dan gelombang pasang serta abrasi delapan kejadian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Kalau kita lihat jenis bencananya kembali lagi, kita dihadapkan dengan bencana hidrometeorologi basah,” ucap Abdul.
 
Baca: Presiden: Perubahan Iklim Bawa Dampak Buruk bagi Indonesia
 
Bencana tersebut mengakibatkan 79 orang meninggal, 10 orang hilang, 602 orang luka-luka, dan 1.671.301 orang mengungsi. Dampak lain yang ditimbulkan, yakni 20.336 rumah rusak, 564 fasilitas umum, 62 gedung perkantoran rusak, dan 68 jembatan rusak.
 
Menurut Abdul, mayoritas bencana terjadi di Provinsi Aceh, Sumatra Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan. Dia meminta pemerintah daerah yang wilayahnya mengalami peningkatan kebencanaan untuk waspada dan bisa mengantisipasi.
 
“Agar benar-benar melihat kembali kondisi lingkungan, kondisi sungai, kondisi alam pegunungan yang selama ini menjadi daerah resapan air, sepanjang aliran sungai yang mungkin selama ini terjadi penyempitan, pendangkalan itu harus benar-benar kita benahi bersama,” ujar Abdul.
 

(AZF)


https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/eN4G152K-indonesia-dilanda-1-137-bencana-sepanjang-januari-maret-2022

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi