Indonesia dan Papua Nugini Sepakat Perkuat Kerjasama

1 April 2022, 11:10

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi), menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri (PM) Papua Nugini James Marape, di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (31/03/2022).

Dalam pertemuan bilateral tersebut, kedua pemimpin sepakat untuk mempererat hubungan antar kedua negara. Presiden Jokowi mengatakan, menyambut baik peningkatan perdagangan kedua negara di tahun 2021 yang naik sebesar 87 persen bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, atau lebih tinggi dari nilai perdagangan sebelum pandemi Covid-19. 

“Hal ini memberikan harapan dan optimisme terhadap pemulihan ekonomi, pasca pandemi Covid-19 dan saya percaya masih banyak peluang yang dapat ditingkatkan,” kata Presiden Jokowi saat konferensi pers bersama PM James.

Oleh karena itu, Kepala Negara juga mengatakan, indonesia siap membuka kembali perbatasan dengan Papua Nugini untuk memulihkan perdagangan lintas batas dan denyut ekonomi masyarakat yang tinggal di daerah perbatasan.

“Indonesia juga siap membuka kembali perbatasan dengan Papua Nugini untuk memulihkan perdagangan lintas batas dan denyut ekonomi masyarakat yang tinggal di daerah perbatasan,” ucapnya,

Baca Juga: Presiden Terima Kunjungan Kenegaraan PM Papua Nugini

Lebih lanjut, Presiden pun akan menugaskan sejumlah menteri untuk melakukan misi khusus ke Papua Nugini dalam waktu dekat. 

“Saya menugaskan Menteri BUMN, Menteri PU, Menteri ESDM, dan Menteri Perdagangan bersama-sama dengan delegasi KADIN dan pengusaha Indonesia untuk melakukan misi perdagangan dan investasi di Papua Nugini dalam waktu dekat,” jelas Presiden. 

Pertemuan kedua delegasi pada hari ini menghasilkan sejumlah poin kerjasama. Yaitu kerjasama kelistrikan antara PLN dan PNG Power untuk memasok listrik secara sementara dari Jayapura ke Panimo, kemudian kerjasama pembukaan rute penerbangan dari Jayapura ke Port Moresby dan Merauke ke Port Moresby, serta kerjasama di bidang bea cukai, dan juga kerjasama di bid maritim. 

Sebagai informasi, dalam kunjungannya kali ini PM James Marape ditemani Ibu Negara Rachel Marape. 

Sementara Presiden Jokowi, didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan sejumlah Menteri. Diantaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, dan Duta Besar RI untuk Papua Nugini dan Kepulauan Solomon Andriana Supandy.


https://rri.co.id/ekonomi/1407360/indonesia-dan-papua-nugini-sepakat-perkuat-kerjasama?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Media

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi