Indonesia Berkontribusi Besar agar Status Pandemi Berakhir

3 November 2021, 6:13

Kewenangan untuk mencabut atau menetapkan pandemi Covid-19 dimiliki oleh WHO.

REPUBLIKA.CO.ID,¬†JAKARTA — Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, Indonesia memang tidak memiliki kewenangan untuk mengakhiri status pandemi Covid-19. Sebab, kewenangan untuk mencabut atau menetapkan pandemi Covid-19 dimiliki oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Namun demikian, Indonesia berperan besar dalam upaya berakhirnya pandemi Covid-19 di dunia. “Sebagai negara besar, Indonesia memiliki peran yang signifikan dalam berkontribusi pada berakhirnya pandemi Covid-19 di dunia jika kondisi kasus terus terkendali dan diikuti oleh negara lainnya,” kata Wiku dalam konferensi pers secara daring, Selasa (2/11).

Wiku menjelaskan, dalam menetapkan dan mencabut status pandemi, WHO menggunakan acuan berdasarkan jumlah negara yang terdampak penyakit. Termasuk di dalamnya adalah Indonesia.

Menurut dia, apabila negara yang terdampak pandemi Covid-19 terus berangsur membaik, baru status pandemi bisa dicabut WHO. “Apabila Pandemi Covid-19 telah usai, maka pemerintah Indonesia juga dapat mencabut status bencana nasional dan kedaruratan kesehatan masyarakat,” katanya

 


https://www.republika.co.id/berita/r1yupm396/indonesia-berkontribusi-besar-agar-status-pandemi-berakhir

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi