Implementasikan BI-Fast, Bank Riau Kepri Gandeng Pengelola PRIMA

30 May 2022, 16:07

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Rintis Sejahtera selaku pengelola jaringan PRIMA menjalin kerja sama terkait penyediaan layanan sistem pembayaran Bank Indonesia Fast Payment (BI-Fast) dengan PT Bank Riau Kepri.

Melalui kerja sama itu, Bank Riau Kepri akan menjadi bank peserta tidak langsung pertama yang terkoneksi dengan layanan multi-tenanty infrastruktur sharing yang disediakan oleh Rintis Sejahtera.

Direktur Marketing Rintis Sejahtera Suryono Hidayat mengatakan, multi-tenancy infrastruktur sharing sendiri merupakan konsep yang dapat menjadi solusi bagi bank mitra dalam mengimplementasikan layanan BI-Fast.

Baca juga: Lewat BI-Fast, Transaksi Digital Perbankan Ditargetkan Tumbuh Lebih Pesat

Penyediaan infrastruktur itu juga telah mengacu kepada ketentuan dan spesifikasi teknis dari bank sentral.

“Saat ini sudah lebih dari 17 partner yang menunjuk PT Rintis Sejahtera sebagai penyedia infrastruktur dengan konsep multi-tentcy guna mendukung mitra menyelenggarakan layanan BI-Fast,” kata Suryono, di Jakarta, Senin (30/5/2022).

Selain bekerjasama dengan Rintis Sejahtera, Bank Riau Kepri juga menjalin kemitraan dengan PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI.

Baca juga: Peserta BI-Fast Bertambah 22 Lagi, Ini Daftar Lengkapnya

Melalui kolaborasi itu, Bank Riau Kepri menunjuk bank swasta terbesar itu sebagai bank sponsor dalam pelaksanaan BI-Fast.

Hal itu sesuai dengan ketentuan penyelenggaraan BI-Fast, di mana peserta tidak langsung diwajibkan menunjuk bank sponsor untuk mengelola likuiditas.

Direktur Utama Bank Riau Kepri Andi Buchari berharap, implementasi BI-Fast dapat menjadi peluang bisnis baru untuk mendorong transaksi ritel secara cepat.

Ia melaporkan, saat ini perusahaan memiliki lebih dari 1 juta nasabah, di mana 200.000 di antaranya merupakan pengguna aktif layanan perbankan digital perusahaan, yakni BRK Mobile.

“Nasabah bisa memanfaatkan layanan BI-Fast ini untuk transfer antar bank melalui aplikasi BRK mobile banking,” ucapnya.

Baca juga: Transaksi BI-Fast Bank Mandiri Sudah Tembus Rp 106 Triliun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


https://money.kompas.com/read/2022/05/30/144500126/implementasikan-bi-fast-bank-riau-kepri-gandeng-pengelola-prima

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi