Ilham Arief Sirajuddin Hengkang dari Demokrat, Kembali ke Golkar

31 May 2022, 10:49

Liputan6.com, Jakarta Mantan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) memilih hengkang dari partai Demokrat untuk kembali bergabung ke Golkar.

Yang bersangkutan memilih meninggalkan partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) lantaran kecewa. Pasalnya, dalam Musyawarah Daerah atau Musda Demokrat Sulawesi Selatan Desember 2021, IAS mengantongi 16 suara dukungan DPC. Sedangkan lawannya Ni’matullah (Ulla) hanya mengantongi 8 suara dukungan.

Meski demikian, AHY dan pengurus pusat Demokrat lebih memilih Ulla daripada IAS.

Kini, IAS hengkang dari Demokrat dan kembali resmi bergabung di partai Golkar. Pengukuhan IAS ke rumah lamanya itu digelar di Hotel Four Points by Sheraton, Makassar, Sulsel pada Minggu (29/5/2022). IAS telah kembali memakai jas kuning berlogo beringin seperti dulu.

Deputi Bappilu DPP Demokrat Kamhar Lakumani berkomentar soal perpindahan IAS ke rumah lamanya, partai Golkar. Ia menghargai pilihan IAS, meskipun terkejut memilih keluar dari Demokrat.

“Merespon berpindah partainya Pak IAS dari Partai Demokrat ke Partai Golkar tentunya kami hormati. Meskipun kami terkejut dan menyayangkan namun ini adalah konsekuensi logis dari dinamika politik pasca Musda,” kata Kamhar, Selasa (31/5/2022).

Kata dia, Demokrat berharap semua kader yang menjadi kontestan Musda bisa menerima tahapan hasil yang telah ditetapkan DPP Partai Demokrat sebagai satu kesatuan sebagaimana diatur pada AD/ART dan Peraturan Organisasi tentang Musda dan Muscab. Namun jika IAS punya pertimbangan lain dalam merespon ini, Demokrat menghormati.

Dia mengungkapkan, tak semua keputusan bisa diterima semua pihak dengan lapang dada. Hal Itu lazim terjadi pada semua organisasi, apalagi di partai politik.

 

Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akhirnya menjawab rumor mengenai dirinya yang bakal maju pada 2024 nanti sebagai Calon Presiden atau Calon Wakil Presiden.


https://www.liputan6.com/news/read/4974876/ilham-arief-sirajuddin-hengkang-dari-demokrat-kembali-ke-golkar

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi