HUT ke-77 RI, KKP Gelar Upacara Bendera di Bawah Air Perairan Sumatera Barat Hingga Pameran BCL

17 August 2022, 11:06

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan mengadakan serangkaian kegiatan di Kabupaten Pesisir Selatan dan Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik, Doni Ismanto menjelaskan, rangkaian kegiatan ini bagian dari Road to Bulan Cinta Laut (BCL) yang kick off-nya dijadwalkan pada Oktober mendatang.

“BCL adalah salah satu program Ekonomi Biru dari Menteri Sakti Wahyu Trenggono. Kami terus mensosialisasikan konsep BCL ini ke daerah-daerah sesuai dengan kearifan lokalnya,” ucap Doni dalam keterangannya, (16/8/2022).

Baca juga: Rayakan HUT ke-77 RI, Selama Tiga Hari Biaya Transfer Antar Bank Via BI Fast Hanya Rp 77  

Menurutnya, rangkaian kegiatan di Sumbar diawali dengan pelaksanaan upacara bendera bawah air di perairan Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, pada 17 Agustus 2022.

Upacara bendera diikuti puluhan peserta yang terdiri dari tim internal KKP, perwakilan Pemda, akademisi, dan puluhan penyelam profesional.

“Perayaan HUT RI adalah momen emosional bagi bangsa Indonesia, dan Pak Menteri Trenggono meminta semua jajaran di KKP untuk menyemarakkan perayaan 17 Agustus ini, sekaligus mengkampanyekan pentingnya menjaga kesehatan laut,” jelasnya.

Rangkaian semarak HUT ke-77 RI yang dikemas dalam acara bertajuk Exploring Mandeh Road To BCL tersebut juga diisi dengan turnamen fotografi dan videografi bawah air perairan Mandeh.

Tepatnya di lokasi Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) Kapal MV Boeloengan Nederland yang tenggelam pada masa Perang Dunia II.

Usai pengambilan foto dan video bawah air, para peserta turnamen selanjutnya melakukan aksi bersih-bersih sampah yang ada di sekitar lokasi penyelaman, sebagai wujud komitmen bersama menjaga kesehatan laut.

Dalam rangkaian acara ini, KKP juga menggelar festival Maelo Pukek di Pantai Purus, Kota Padang yang melibatkan para nelayan dan masyarakat pesisir pada 21 Agustus 2022.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/08/17/hut-ke-77-ri-kkp-gelar-upacara-bendera-di-bawah-air-perairan-sumatera-barat-hingga-pameran-bcl

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi