Honorer Wajib Tahu! 5 Hal Ini Sebabkan Kamu Tidak Lolos Seleksi Administrasi PPPK 2022

24 October 2022, 8:21

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM– Honorer patut mengetahui beberapa penyebab, sehingga pelamar tidak lolos seleksi administrasi PPPK 2022. Seperti diketahui, peserta yang ingin lanjut ke tahap seleksi berikutnya, maka yang perlu dilakukan oleh pendaftar PPPK 2022, adalah memperhatikan dengan seksama syarat administrasi. Pasalnya, jika peserta tidak lolos seleksi administrasi, maka yang bersangkutan tidak akan bisa lanjut ke tahap seleksi berikutnya. BACA JUGA: Guru Honorer Dibikin Full Senyum oleh Surat Dirjen GTK Soal PPPK 2022, Apa Isinya?
Setiap tahapan perekrutan PPPK 2022 ini sangatlah penting. Termasuk seleksi administrasi, karena ini merupakan gerbang penentu apakah peserta bisa lanjut ke tahap seleksi selanjutnya atau tidak. Lantas, apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan agar bisa lolos seleksi administrasi PPPK 2022?

Berikut adalah hal paling umum dan paling sering terjadi, yang menjadi penyebab tidak lolosnya peserta pada seleksi administrasi PPPK dan CPNS 2022: 1. Pendaftar Melamar ke Formasi yang Sama Sekali Tidak Sesuai dengan Latar Belakang Pendidikan dan  BACA JUGA: Honorer Jadi PPPK JF Wajib punya 1 Pengalaman dari 3 Kategori Ini, Anda Punya? Ini adalah kesalahan yang paling umum, namun sering terjadi. Para pelamar PPPK melamar pada formasi tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka. Padahal, dalam syarat PPPK 2021, panitia jelas menyebutkan, bahwa syarat hingga latar belakang pendidikan wajib dimiliki pelamar. Walaupun latar belakang pendidikan pelamar masih termasuk, namun pada beberapa formasi akan menyebutkan lebih spesifikasi jurusan yang memang diperlukan. 2. Hasil dari Scan Dokumen yang Dilampirkan Tidak Terbaca Jelas atau Buram Penyebab pelamar gagal dalam seleksi PPPK 2022 selanjutnya, dikarenakan hasil dari scan dokumen yang mereka lampirkan, tidak terbaca jelas atau buram. Maka dari itu, peserta wajib memastikan bahwa semua dokumen yang diupload sudah terbaca jelas atau tidak buram. Sebab, bila salah satu dokumen pendaftaran yang diunggah tidak dapat terbaca jelas atau buram, maka hal tersebut akan jadi fatal nanti. Peserta bisa tidak lolos dalam seleksi administrasi pendaftaran CPNS dan PPPK 2022 tersebut. 3. Salah Mengunggah Berkas Pendukung Karena itu, peserta wajib memastikan sekali lagi, apakah sudah benar dalam mengunggah berkas pendukung pada kolom yang seharusnya. Misalnya, saat peserta mengunggah berkas Kartu Keluarga pada kolom yang harusnya untuk ijazah pendidikan terakhir. Hal tersebut tentu akan menjadi salah satu hal yang membuat gagal dalam seleksi CPNS atau PPPK 2022. 4. Pelamar Salah Mengisi Data Bahkan, tak sedikit peserta atau pendaftar keliru, saat memasukkan data pribadi. Misalnya, tempat, tanggal, hingga tahun lahir.  Pada beberapa kasus, ada juga peserta yang salah memasukkan nomor ijazah mereka. Hal tersebut, tentunya berdampak fatal, karena akan terjadi ketidaksesuaian antara data dengan dokumen yang peserta unggah. 5. Pas Foto Tidak Sesuai dengan Ketentuan Kasus yang tak kalah sering dilakukan adalah, pas foto yang diunggah tidaklah sesuai dengan ketentuan persyaratan. Peserta perlu memastikan, bahwa yang diunggah telah sesuai, dengan ketentuan yang ditetapkan oleh lembaga CPNS dan PPPK 2022. Misalnya, warna latar foto, serta baju yang harus dipakai oleh pelamar. Peserta juga perlu memastikan, agar foto yang diunggah adalah foto terbaru yang memperlihatkan wajah anda dengan jelas dan terang. Perlu diperhatikan, peserta harus menghindari mengunggah foto selfie atau swafoto dalam pendaftaran CPNS dan PPPK 2022. Itulah 5 hal yang patut diperhatikan oleh pelamar, agar bisa lolos seleksi administrasi PPPK 2022.***

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi