[Hoaks atau Fakta]: Stroke Pada Anak-anak Akibat Vaksin COVID-19

3 November 2021, 11:35

  [Hoaks atau Fakta]: Stroke Pada Anak-anak Akibat Vaksin COVID-19

MerahPutih.com – Akun Facebook dengan nama pengguna ‘Lydia DelRossi’ (https://www.facebook.com/ldelrossi) membagikan ulang sebuah narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna ‘Anna O’Sullivan’ (https://www.facebook.com/annaosullivan6).

Dalam unggahan tersebut, terlihat sebuah bus dengan poster tentang penyakit stroke yang menyerang anak-anak. Unggahan tersebut juga disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa penyakit stroke yang menyerang anak-anak merupakan efek samping dari vaksin Covid-19.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Sering Minum Boba Sebabkan Penyakit Usus Buntu

SUMBER:

Facebook https://archive.ph/ecxCi.

NARASI: (diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia) “Jika foto ini tidak menggambarkan “iklan ini telah direncanakan dari awal” saya tidak tahu lagi….anak-anak tidak dapat terkena Stroke – itu merupakan efek samping dari suntikan vaksin yang akan diberikan kepada mereka”

NARASI DALAM GAMBAR: (diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia) “Terlihat di Whitby di Terminal Durham…apakah mereka menormalisasi sesuatu yang akan terjadi?? ANAK-ANAK JUGA DAPAT TERKENA STROKE WASPADAI GEJALANYA”

FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Mafindo, tidak ada bukti ilmiah bahwa vaksin Covid-19 dapat menyebabkan stroke pada anak.

Dalam sebuah penelitian oleh tim peneliti dari Universitas Columbia dan Universitas Brown, Amerika Serikat, penyakit stroke pada anak disebabkan oleh penyakit jantung, kondisi hematologis, gangguan sindrom dan metabolisme.

Tangkapan layar hoaks. (Foto: Antara)
Tangkapan layar hoaks. (Foto: Antara)

Poster tersebut dipasang oleh yayasan non-profit asal Kanada, ‘Achieving Beyond Brain Injury’ (ABBI), pada bulan Mei 2021 lalu untuk memperingati Bulan Kesadaran atas Stroke pada Anak. Foto poster serupa juga dapat ditemukan di laman Facebook serta situs resmi ABBI.

Melansir dari situs hopkinsmedicine.org, penyakit stroke pada anak merupakan kondisi kesehatan yang langka dan umumnya hanya menyerang satu dari setiap 4 ribu bayi yang baru lahir.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa kasus stroke pada anak umumnya terjadi pada 1 hingga 13 anak dari 100 ribu anak dengan usia di bawah 18 tahun.

KESIMPULAN

Narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna ‘Lydia DelRossi’ tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang menyesatkan/misleading content. (Knu)

Baca Juga:

[Hoaks atau Fakta]: Vaksin AstraZeneca Dibuat Satu Tahun Sebelum Pandemi


https://merahputih.com/post/read/hoaks-atau-fakta-stroke-pada-anak-anak-akibat-vaksin-covid-19

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi