Hidup Sendiri di Rusun Lansia Tak Menyurutkan Niat Soewarni untuk Berkarya

3 November 2021, 6:09

Soewarni Mansjoer, lansia di Sasana Tresna Werdha RIA Pembangunan, Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (22/8/2019). Ia dulu seorang profesor ahli farmasi.

JAKARTA, KOMPAS.com – Soewarni Mansjoer, 85, telah tinggal di rumah susun untuk warga lanjut usia (Rusun Lansia) RIA Pembangunan di Jalan Karya Bhakti, Cibubur, Jakarta Timur, sejak 2009 lalu.

Sebelum hijrah ke Jakarta dan tinggal di Rusun Lansia, Soewarni mengabdi sebagai profesor ahli farmasi kedokteran di Universitas Sumatera Utara (USU).

Dia mengajar sebagai dosen pascasarjana di USU selama bertahun-tahun sebelum memutuskan unutk pensiun.

Kepindahan Soewarni ke Jakarta bukan tanpa alasan. Cerita berawal ketika sang suami mengajak Soewarni untuk hijrah dari Medan ke Jakarta dan menghabiskan masa tua berdua di Ibu Kota.

Baca juga: Kronologi Polantas Tolak Uang Damai Rp 100.000, tapi Minta Sekarung Bawang ke Sopir Truk di Bandara Soekarno-Hatta

Sang suami mengajaknya untuk tinggal di sebuah rumah kecil di Jakarta dengan ditemani seorang sopir.

“Katanya kita hijrah ke Jakarta, tinggal di rumah yang kecil saja, jangan sebesar ini, tapi kita punya sopir dan mobil. Saya bilang oke tapi saya (suami) berangkat duluan, nah saya pikir dia berangkat duluan untuk cari rumah, eh enggak tahunya dia betul-betul berangkat pulang (meninggal dunia),” kata Soewarni di STW RIA Pembangunan, Kamis (22/8/2019).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Obrolan singkat itu seakan isyarat bagi Soewarni ditinggal sang suami untuk selamanya. Pada 2006, suami tercinta Soewarni meninggal dunia tepat di pangkuannya, sesaat sebelum menunaikan shalat.

Serangan jantung telah merenggut nyawa teman hidup Soewarni itu. Setelah itu, Soewarni hidup sendiri. Namun, dia tak ingin larut dalam kesedihan.

Setahun setelah suaminya wafat, Soewarni memutuskan untuk mewujudkan impian sang suami dan pindah ke Jakarta. Dia juga tak lupa pesan sang suami agar dirinya belajar mengaji Al Quran.

Baca juga: Polantas yang Minta Sekarung Bawang Saat Tilang Truk di Bandara Soekarno Hatta Dimutasi

Sempat tinggal di apartemen

“Tahun 2007 saya hijrah dari Medan. Saya jual semua harta saya di Medan dan hijrah ke Jakarta. Saya beli apartemen di Depok. Saya tinggal di sana sekaligus belajar ngaji dengan ustaz di sana,” ujar Soewarni.


https://megapolitan.kompas.com/read/2021/11/03/05000011/hidup-sendiri-di-rusun-lansia-tak-menyurutkan-niat-soewarni-untuk

 

Tokoh

Partai

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Transportasi