Hari Santri Nasional, Pilar Saga Ichsan: Santri Selalu Jadi Bagian Perkembangan Bangsa Indonesia

23 October 2022, 4:45

Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan bertindak sebagai Pembina Upacara Peringatan Hari Santri Nasional yang diselenggarakan oleh Kantor Kemenag Tangerang Selatan di Ponpes Al Ikhwaniyah Ceger, Pondok Aren pada Sabtu (22/10).
Dalam amanatnya, Pilar membacakan sambutan dari Menteri Agama Republik Indonesia, yang menyampaikan bahwa santri dalam sejarahnya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan bangsa Indonesia.

Dengan berbagai latar belakang, santri selalu siap sedia mendarma baktikan hidupnya untuk bangsa dan negara. Salah satunya selalu terlibat dalam upaya merebut kemerdekaan dari bangsa penjajah.
“Mulai di Temanggung, perjuangan melawan menggunakan bambu runcing yang didoakan oleh kiai Subchi, lalu resolusi jihad yang digelorakan oleh kiai Hasyim Asy’ari,” ujarnya.

Tak hanya itu di awal kemerdekaan, santri juga terus terlibat aktif berkontribusi terhadap bangsa dan negara. K.H Abdurrahman Wahid, K.H Wahid Hasyim dan tokoh-tokoh santri lainnya yang terus berjuang demi bangsa dan kemaslahatan umat agama di Indonesia.

Lebih lanjut, momentum peringatan Hari Santri Nasional 2022 adalah bentuk bahwa santri senantiasa menjaga martabat kemanusiaan di tengah bangsa Indonesia yang majemuk.
“Peringatan hari santri bukan hanya milik santri semata, tapi milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air dan milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.” pungkasnya.

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi