Hari Lahir Pancasila 2022 Libur atau Tidak? Ini Penjelasannya

30 May 2022, 21:48

Hari Lahir Pancasila 2022 Libur atau Tidak? Ini Penjelasannya

Suara.com – Setiap tanggal 1 Juni selalu diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila. Meski kerap diperingati tiap tahunnya, selalu ada yang bertanya, apakah Hari Lahir Pancasila 2022 libur atau tidak? Agar lebih jelas, simak penjelasannya.

Menurut Badan Kepegawaian Negara, tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari libur nasional atau tanggal merah. Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. Sudah jelas ya jawaban dari Hari Lahir Pancasila 2022 libur atau tidak, jawabannya libur.

Disampaikan oleh Presiden Jokowi saat peringatan pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Bandung tahun 2016, hari ini diliburkan agar pemerintah dan masyarakat memperingatinya sebagai ideologi negara.

Semua instansi pemerintah di pusat, daerah dan perwakilan pemerintah RI di luar negeri juga pegawai BUMN dan BUMD diimbau melakukan upacara bendera pada Hari Lahir Pancasila.

Baca Juga:
Ini Daftar Hari Libur Nasional Juni 2022, Ada Berapa Tanggal Merah?

Sejarah Hari Lahir Pancasila

Menurut Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri Kabupaten Madiun, peristiwa ini ditandai oleh pidato Presiden Soekarno pada 1 Juni 1945 tentang konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia. 

Berawal dari kekalahan Jepang saat perang pasifik yang kemudian ingin mendapat hati masyarakat dengan janji kemerdekaan Indonesia dan membentuk Lembaga bernama Dokuritsu Junbi Cosakai yang bertugas menyiapkan hal tersebut. 

Pada sidang pertama tanggal 29 Mei 1945 yang diadakan di Gedung Chuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila), para anggota membahas mengenai tema dasar negara.

Sidang berjalan hampir 5 hari di mana pada tanggal 1 Juni, Soekarno menyampaikan gagasannya tentang dasar negara Indonesia, yang dinamai “Pancasila”. Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas. 

Baca Juga:
Apa Beda Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila?

Pada saat itu Bung Karno menyebutkan lima dasar untuk negara Indonesia, yakni Sila pertama “Kebangsaan”, sila kedua “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, sila ketiga “Demokrasi”, sila keempat “Keadilan sosial”, dan sila kelima “Ketuhanan yang Maha Esa”.


https://www.suara.com/news/2022/05/30/210644/hari-lahir-pancasila-2022-libur-atau-tidak-ini-penjelasannya

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi