Hari Ketiga Diberlakukannya SO-5, Kondisi Stasiun Manggarai Ramai

30 May 2022, 11:06

Hari Ketiga Diberlakukannya SO-5, Kondisi Stasiun Manggarai Ramai

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – KAI Commuter telah memberlakukan perubahan pola operasional atau switch over (SO)-5 di Stasiun Manggarai sejak Sabtu (28/5/2022).

Sejak diberlakukannya SO-5 ini, penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) banyak yang mengeluhkan pola operasional ini karena harus transit untuk berpindah kereta.

Pada Senin (30/5/2022) Stasiun Manggarai terpantau padat tetapi tidak terjadi penumpukan penumpang seperti awal diberlakukannya SO-5.

Terlihat penumpang KRL harus melakukan transit dan berpindah peron untuk berganti kereta, pasalnya saat ini KRL lintas Bogor hanya melayani rute Stasiun Jakarta Kota dan KRL lintas Bekasi hanya melayani rute Stasiun Tanah Abang hingga Kampung Bandan.

Baca juga: Penumpang KRL Membludak di Stasiun Manggarai, Ini Tanggapan KAI Commuter

Penumpang yang ingin menuju Stasiun Sudirman-Tanah Abang hingga Jatinegara harus berpindah peron dari peron 10-11 menuju 6-7 untuk berpindah kereta.

Terpantau di Stasiun Manggarai petugas yang memberikan instruksi kepada para penumpang yang ingin transit atau berpindah kereta.

Salah satu penumpang KRL bernama Adi mengatakan, ada pola operasional ini membuat dirinya tidak bisa lagi menaiki satu KRL untuk sampai ke tujuan.

“Biasanya, untuk ke Stasiun Sudirman, saya hanya naik satu kali saja. Tetapi ini kita harus ganti kereta karena dari Bogor tidak ada kereta ke Stasiun Sudirman,” kata Adi, Senin (30/5/2022).

Sebelumnya, penumpang KRL yang bekerja di wilayah Cideng, Jakarta Pusat, Adnan Maulana mengungkapkan merasa keberatan dengan adanya aturan baru ini.

Baca juga: Mulai Hari Ini Rute KRL Bogor-Tanah Abang-Jatinegara Dihapuskan

Menurutnya, untuk menuju Stasiun Tanah Abang harus memakan waktu karena melakukan transit di Stasiun Manggarai.

“Menurut saya ini tentu repot yah, kita tahu kalau penumpang KRL dari Bogor itu banyak dan pasti repot untuk melakukan transit,” ucap Adnan.

Sebagai informasi, Sebagai informasi, pelaksanaan SO-5 di Stasiun manggarai ini membuat KRL lintas Bogor, Depok dan Nambo tidak lagi melayani rute menuju Stasiun Tanah Abang, Sudirman, Kampung Bandan dan Jatinegara.

Dengan begitu penumpang KRL Bogor yang ingin menuju Stasiun Tanah Abang, Sudirman hingga Jatinegara harus melakukan transit di Stasiun Manggarai.

Kemudian penumpang KRL lintas Bekasi yang ingin menuju Stasiun Jakarta Kota harus melakukan transit di Stasiun Manggarai.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/30/hari-ketiga-diberlakukannya-so-5-kondisi-stasiun-manggarai-ramai

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi