Harga Pertamax Naik Rp12.500 per Liter, Pertamina: Disesuaikan Daya Beli Masyarakat

2 April 2022, 13:21

Ilustrasi Pertamax. Harga BBM Pertamax naik jadi Rp12.500 per liter.

PRFMNEWS – PT Pertamina (Persero) resmi menaikkan harga Pertamax menjadi berkisar Rp12.500-13.000 per liter di seluruh Indonesia mulai 1 April 2022 pukul 00.00 waktu setempat, dari sebelumnya Rp9.000 per liter.

Penetapan harga baru Pertamax per 1 April 2022 ini merupakan implementasi dari Keputusan Menteri ESDM Nomor 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menyatakan, penetapan harga dilakukan secara selektif, hanya berlaku untuk BBM Non Subsidi yang dikonsumsi masyarakat sebesar 17%, di mana 14% merupakan jumlah konsumsi Pertamax, dan 3% jumlah konsumsi Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex.

Baca Juga: Pertamina Ungkap Alasan Harga Pertamax Naik per 1 April 2022, Pertalite Tetap

Sedangkan BBM Subsidi seperti Pertalite dan Solar Subsidi yang dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sebesar 83%, tidak mengalami perubahan harga atau stabil di harga Rp7.650 per liter (Pertalite) dan Rp5.150 per liter (Solar Subsidi).

Hal ini merupakan kontribusi Pemerintah bersama Pertamina dalam menyediakan bahan bakar dengan harga terjangkau.

Penyesuaian harga BBM harus dilakukan mengingat harga minyak dunia hingga saat ini masih melambung tinggi, sehingga perlu menekan beban keuangan Pertamina.

Baca Juga: Tak Hanya Harga BBM Pertamax Naik, di Awal April ini PPN Juga Naik

Meski demikian, kata Irto, dalam memberlakukan harga baru Pertamax, Pertamina masih tetap mempertimbangkan kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Pertamina selalu mempertimbangkan daya beli masyarakat, harga Pertamax ini tetap lebih kompetitif di pasar atau dibandingkan harga BBM sejenis dari operator SPBU lainnya,” jelasnya, dikutip prfmnews.id dari siaran pers tertulis di laman Pertamina.


https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-134139855/harga-pertamax-naik-rp12500-per-liter-pertamina-disesuaikan-daya-beli-masyarakat

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi