Harga Minyak Naik Jelang Pertemuan Uni Eropa Membahas Sanksi untuk Rusia

31 May 2022, 10:58

Liputan6.com, Jakarta – Harga minyak mentah dunia naik ke level tertinggi dalam dua bulan pada perdagangan hari Senin karena pelaku pasar menunggu harus perundingan Uni Eropa. Persekutuan negara-negara di benua Eropa ini akan mengadakan pertemuan untuk bersepakat melarang impor minyak dari Rusia. Larangan ini diberikan sebagai sanksi atas invasi Rusia ke Ukraina.

Mengutp CNBC, Selasa (31/5/2022), harga minyak mentah berjangka Brent naik 46 sen atau 0,4 persen menjadi USD 119,89 per barel pada pukul 01.11 GMT. Sementara harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS melonjak 60 sen atau 0,5 persen menjadi USD 115,67 per barel, memperpanjang kenaikan solid dari minggu lalu.

Uni Eropa akan mengadakan pertemuan pada hari Senin dan Selasa untuk membahas paket sanksi keenam terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina. Moskow menyebut sanksi ini sebagai operasi khusus untuk melucuti senjata.

“Saya tidak berpikir berlebihan dengan berasumsi bahwa spekulan memposisikan diri untuk pemantulan pasar minyak pasca KTT Uni Eropa,” kata Managing Partner SPI Asset Management Stephen Innes.

Larangan lebih lanjut pada perdagangan minyak Rusia akan memperketat pasar minyak mentah dunia yang sudah tegang. Saat ini pasokan sangat tipis di tengah meningkatnya permintaan bensin, Solar dan bahan bakar jet menjelang puncak musim panas di Amerika Serikat dan Eropa.

Kata salah satu pejabat, Pemerintah Uni Eropa gagal menyepakati embargo minyak Rusia pada hari Minggu, tetapi akan melanjutkan pembicaraan untuk melarang pengiriman minyak Rusia melalui laut sambil mengizinkan pengiriman melalui pipa, menjelang KTT pada Senin sore.

Jika disetujui, kesepakatan akan memungkinkan Hongaria, Slovakia dan Ceko untuk terus menerima minyak Rusia mereka melalui pipa Druzhba untuk beberapa waktu sampai pasokan alternatif dapat diatur.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Harga bensin yang sudah naik bersamaan lonjakan harga kebutuhan lain di AS, akhirnya kembali semakin mahal akibat ketegangan AS dengan Rusia menyikapi Ukraina. Rusia adalah produsen sekitar 10% pasokan minyak dunia, sehingga dampak apapun akibat konl…


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4974833/harga-minyak-naik-jelang-pertemuan-uni-eropa-membahas-sanksi-untuk-rusia

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Statement

Fasum

Transportasi