Harga Minyak Goreng Masih Selangit di Awal Ramadhan

2 April 2022, 16:58

Liputan6.com, Jakarta Sebagian umat muslim di Indonesia sudah mulai menjalankan ibadah puasa Ramadhan hari ini. Sementara sebagian lagi baru akan menjalani puasa besok (3/4).

Saat konsumsi meningkat di awal Ramadhan ini, masyarakat tetap dihadapkan harga minyak goreng yang masih selangit. Setelah harga minyak goreng kemasan dilepas dari Harga Eceran Tertinggi (HET), kini harganya terus meroket.

Di Pasar Musi, Depok Jawa Barat, per liter minyak goreng kemasan sederhana hingga premium di banderol Rp 24.000 – Rp 26.000. Sedangkan untuk minyak goreng kemasan ukuran 2 liter dijual Rp 46.000 – Rp 52.000. Ada juga minyak goreng kemasan isi 1,8 liter dijual Rp 45.000.

Sementara itu, di pasar yang sama, harga minyak goreng curah per kilo dibanderol Rp 20.000. Namun keberadaanya pun terbatas, sehingga para agen sembako memberikan batasan kepada pelanggannya.

“Memang stoknya berkurang, jadi si penjual agen ini pinter-pinter bagi rata ke pelanggan biar kebagian,” kata Toip, salah satu pemilik warung kelontong di Depok saat dihubungi merdeka.com, Jakarta, Sabtu (2/4/2022).

Setiap harinya, Toip mengaku hanya mendapatkan jatah dari agen sekitar 3-5 kilogram per hari. Sementara untuk pelanggan lainnya dibatasi dalam jumlah tertentu. Sebab pemilik agen mengutamakan langganannya yang juga digunakan untuk dijual kembali.

Hanya saja harga jual minyak goreng curah masih tinggi. Untuk keperluan dijual kembali, agen menjualnya Rp 19.000 per kilogram. Kemudian dijual kembali di warung Rp 22 ribu per liter. Hanya saja, jarang ada pelanggan yang membeli dalam jumlah besar.

“Kalau kalangan kecil masih ada yang suka cari tapi yang timbangan seperempat jadi Rp 6.000 atau yang setengah jadi Rp 11.500,” kata dia.

 

Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha (KPPU) temukan adanya bukti dokumen dugaan pelanggaran melawan hukum terkait distribusi dan penjualan minyak goreng.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4928144/harga-minyak-goreng-masih-selangit-di-awal-ramadhan

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi