Harga Minyak Dunia Masih di Kisaran 119 Dollar AS

30 May 2022, 10:06

JAKARTA, KOMPAS.com – Harga minyak mentah dunia cenderung stabil pada pembukaan perdagangan pekan ini, Senin (30/5/2022). Hal itu didorong semakin terkendalinya kasus Covid-19 di China yang berpotensi dilakukan pelonggaran lockdown.

Di sisi lain, Uni Eropa masih akan terus membahas rencana embargo minyak Rusia sebagai sanksi lanjutan atas invasi ke Ukraina.

Mengutip Bloomberg, Senin (30/5/2022), harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Juli 2022 turun 1 sen ke level 119,42 dollar AS per barrel. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Juli naik 0,3 persen ke level 115,38 dollar AS per barrel.

Baca juga: Jelang Musim Mengemudi di AS, Harga Minyak Dunia Melonjak 3 Persen

Brent, yang menjadi patokan global, diperdagangkan di atas 119 dollar AS per barrel setelah melonjak lebih dari 6 persen sepanjang perdagangan minggu lalu, yang sekaligus merupakan penutupan tertinggi dalam dua bulan terakhir.

Pergerakan harga minyak dunia dipengaruhi kondisi penyebaran Covid-19 di China yang semakin terkendali. Shanghai yang merupakan kota pusat bisnis di China, akan mengakhiri lockdown mulai 1 Juni 2022 mendatang, sementara otoritas juga menyebut wabah virus corona di Beijing terkendali.

China merupakan negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia dan importir minyak mentah terbesar di dunia, sehingga pelonggaran lockdown akan meningkatkan kembali permintaan negara itu terhadap minyak mentah.

Sementara itu, negara-negara Uni Eropa gagal menyepakati rencana embargo minyak mentah Rusia, dana kembali menjadi pembahasan dalam sepekan ke depan. Adapun pemberlakuan sanksi Uni Eropa terhadap rusia tersebut, membutuhkan dukungan bulat dari semua negara anggota.

Namun Hongaria menjadi negara yang terus menentang larangan impor minyak Rusia tersebut, meskipun ada proposal yang ditujukan untuk memastikan pasokan minyaknya. Seorang pejabat Uni Eropa pun menyebut kesepakatan masih mungkin terjadi dalam beberapa hari mendatang.

Baca juga: Kala Jokowi Bandingkan Harga BBM dan Beras di Indonesia dengan Negara Lain

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


https://money.kompas.com/read/2022/05/30/094300926/harga-minyak-dunia-masih-di-kisaran-119-dollar-as

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Statement

Fasum

Transportasi