Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19, Menaker Ida Fauziyah Minta Perusahaan Utamakan Keselamatan Pekerja

17 June 2021, 8:58

Ilustrasi Hari Buruh 2021.

PIKIRAN RAKYAT- Kasus Covid-19 di sejumlah wilayah Indonesia mengalami peningkatan, bahkan di Ibu Kota keterisian tempat tidur di rumah sakit sudah melebihi ambang batas.

Jakarta mengalami lonjakan tajam kasus Covid-19, apalagi dipicu oleh ditemukannya kasus ‘variant of concern’ yakni varian Delta atau B 1617.2 asal India.

Untuk itu, pemerintah kembali menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Skala Mikro (PPKM) Mikro hingga 28 Juni 2021.

Sehubungan dengan kondisi genting ini, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah meminta perusahaan agar terus memberlakukan protokol kesehatan di tempat kerja secara ketat.

Baca Juga: Menaker Ida Fauziyah Beberkan Langkah Konkret Upaya Hapuskan Pekerja Anak di Indonesia

Hal ini harus dilakukan untuk melindungi para pekerja dari ancaman penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja.

“Terkait adanya lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di beberapa daerah, kita mengingatkan perusahaanperusahaan agar menerapkan protokol pencegahan Covid-19 di masing-masing tempat kerjanya,” ujar Ida melalui pernyataan tertulis, Rabu, 16 Juni 2021.

Selain itu Ida mengatakan, kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan adalah bagian dari upaya perlindungan atas keberlangsungan usaha, sekaligus melindungi keselamatan dan kesehatan para pekerja di tempat kerja.

“Kita utamakan keselamatan pekerja dengan melakukan pencegahan penyebaran pandemi di tempat kerja. Kalau semuanya sudah membaik kita harapkan produktivitas usaha akan berangsur pulih, dan perekonomian nasional juga berangsur kembali normal,” kata Ida.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-012068193/hadapi-lonjakan-kasus-covid-19-menaker-ida-fauziyah-minta-perusahaan-utamakan-keselamatan-pekerja

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi