Gus Menteri Tegaskan Pihaknya Akan Terus Optimalisasi BUMDes Berbadan Hukum

18 June 2021, 15:04

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar saat menghadiri acara puncak Gerakan Banga Buatan Indonesia yang bertajuk Kilau Digital Permata Flobamora secara virtual, Jumat (18/6/2021).

KOMPAS.comMenteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyatakan, pihaknya akan terus menggenjot optimalisasi peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang telah berbadan hukum sebagai imbas lahirnya Undang-undang Cipta Kerja (UU Ciptaker)

“Peran ini akan dioptimalisasi untuk mengonsolidasi berbagai usaha yang dilakukan warga masyarakat,” ujar menteri yang akrab disapa Gus Menteri ini saat menghadiri acara puncak Gerakan Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) secara virtual, Jumat (18/6/2021).

Pasalnya, kata dia, syarat berdirinya BUMDes atau BUMDes Bersama adalah untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat, sehingga unit usaha yang dijalankan tidak boleh sama dengan usaha yang telah dilakukan warga desa.

Justru, kata Gus Menteri, tugas BUMDes untuk mengonsolidasi usaha dari hulu hingga hilir, utamanya terkait distribusi barang dan upaya pencarian pasar produk desa.

Baca juga: Kemendes PDTT: Selama PPKM Mikro Penularan Covid-19 di Desa Masih Terjadi

“Oleh karenanya sebuah keniscayaan bagi BUMDes untuk terus ditingkatkan kemampuan digitalisasinya,” jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat.

Terkait pemanfaatan Dana Desa, Gus Menteri mengatakan, alokasinya bisa digunakan untuk pelatihan digitalisasi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang meminta Dana Desa bisa digunakan untuk pertumbuhan ekonomi dan peningkatan Sumber Daya Manusia.

“Ketika digunakan untuk dua hal itu maka Dana Desa digunakan, tentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Doktor Honoris Causa dari Universitas Negeri Yogyakarta ini.

Gerakan Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI)

Adapun terkait Gerakan Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), Gus Menteri berharap gerakan ini dapat meningkatkan gairah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Dengan begitu, bisa meningkatkan hingga mempercepat kebangkitan ekonomi nasional dalam Pandemi Covid-19.


https://nasional.kompas.com/read/2021/06/18/14164771/gus-menteri-tegaskan-pihaknya-akan-terus-optimalisasi-bumdes-berbadan-hukum

 

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi