Gunungan Sampah di TPST Bantargebang Capai Ketinggian Maksimal, Longsor Hantui Warga dan Pemulung

17 September 2021, 8:49

Liputan6.com, Jakarta – Kondisi sampah di TPST Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat, nyaris kelebihan kapasitas. Saat ini gunungan sampah milik Pemprov DKI Jakarta itu disebutkan sudah mencapai lebih dari empat puluh meter, dari ketinggian maksimal lima puluh meter.

Meski demikian, puluhan alat berat masih dioperasikan pekerja untuk menata sampah-sampah yang terus berdatangan. Sejumlah pemulung juga masih tetap beraktivitas seperti biasa, tanpa khawatir bahaya longsor yang mengancam keselamatan.

Warga sekitar menuturkan, terbatasnya lahan di TPST Bantargebang menjadi penyebab sampah semakin menggunung sehingga nyaris overload. Kondisi ini sudah berlangsung selama bertahun-tahun tanpa adanya penambahan lahan.

“Belum ada pembukaan lahan (baru), karena kan ini nggak ada lahan lagi, jadi (sampah) ya dibuang ke atas terus,” kata Nur Hidayat, warga sekitar, Kamis (16/9/2021).

Nur yang tinggal di sekitaran TPST, merasa khawatir dengan ancaman longsor yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Namun ia mengaku tak bisa berbuat banyak, karena tak memiliki tempat tinggal lain yang lebih aman.

“Ya mau gimana lagi, wong keadaannya begitu,” ujarnya.

Kepala Satuan Pelaksana TPST Bantargebang Unit Pengelolaan Sampah Terpadu (UPST) DKI Jakarta, Handoko Raitno, saat dikonfirmasi mengatakan kondisi sampah yang nyaris overload disebabkan keterbatasan lahan.

Ia berujar, dalam sehari ada sekitar 7.000-7.500 ton sampah milik warga DKI Jakarta yang dibuang ke TPST Bantargebang. Seluruh sampah berasal dari lima wilayah, yaitu Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, termasuk Kepulauan Seribu.

“Kita ada empat zona. Kalau berdasarkan kajian di tahun 2019, ketinggian maksimal itu kurang lebih 50 meter. Itu 2019, sekarang 2021 memang. Kemungkinan ketinggian yang 50 meter itu, ya sudah over lah, atau sudah terlampaui,” ucap Handoko.

Setiap hari, jumlah volume sampah yang masuk ke TPST Bantargebang sebanyak 6.500-7.000 ton dari Provinsi DKI Jakarta.


https://www.liputan6.com/news/read/4660355/gunungan-sampah-di-tpst-bantargebang-capai-ketinggian-maksimal-longsor-hantui-warga-dan-pemulung

Tokoh

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Transportasi