Grab Vaccine Center Percepat Vaksinasi Disabilitas

18 June 2021, 8:32

Grab Vaccine Center Percepat Vaksinasi Disabilitas

YOGYA, KRJOGJA.com – Grab Vaccine Center Yogyakarta menargetkan vaksinasi kepada 10.000 penyandang disabilitas, lansia serta pekerja publik sektor pariwisata dan transportasi. Pusat vaksinasi yang berlangung hingga Kamis (17/6/2021) di GOR UNY ini merupakan kolaborasi Grab dan Good Doctor dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dengan menjadikan penyandang disabilitas sebagai salah satu target vaksinasi, menghadirkan berbagai fasilitas dan akses ramah bagi mereka.

Neneng Goenadi, Country Managing Director, Grab Indonesia menjelaskan, di Yogyakarta pihaknya bersyukur tidak hanya dapat melindungi para mitra pengemudi lewat pemberian vaksin. Tetapi juga dapat turut mempercepat vaksinasi bagi para penyandang disabilitas dan memberikan fasilitas terbaik dalam pusat vaksinasi ini. “Kami juga telah menghadirkan GrabGerak, layanan transportasi yang dirancang khusus untuk penyandang disabilitas dengan mitra pengemudi yang sudah dilatih untuk dapat melayani para penyandang disabilitas,” ungkapnya.

GrabGerak menjemput para penyandang disabilitas ke lokasi. “Kami berharap inisiatif yang kami lakukan ini dapat mendorong semakin banyak masyarakat untuk menerima vaksin COVID-19 pertama mereka,” sebutnya.

Sri Paduka Paku Alam X, Wakil Gubernur merangkap Ketua Satgas Covid-19 DIY, berharap langkah ini dapat menjadi contoh gerakan kolaboratif dalam memutus dan menekan laju penularan Covid-19 melalui pola kerjasama multi helix lintas sektor.

Pusat vaksinasi ini menghadirkan metode Walk-In dan jalur khusus untuk tahap pengecekan/pemeriksaan (pre-screening) guna mengidentifikasi kondisi kesehatan calon penerima vaksin sebelum mereka mendapatkan vaksin, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat medis. Untuk memfasilitasi penyandang disabilitas, juga menghadirkan jalur masuk dan antrian khusus, akses untuk pengguna kursi roda, dan toilet ramah disabilitas. Selain itu, penyandang disabilitas juga bisa mendapatkan pendampingan dari Difabel Tanggap Bencana (DIFAGANA) dan penerjemah khusus untuk peserta tuli, hingga armada antar jemput khusus penyandang disabilitas ke pusat vaksinasi. (Hit/Sal)


Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi