Google Doodle Keren Edisi 17 Agustus 2022 Ambil Tema Balap Perahu, Ini Sejarahnya

17 August 2022, 11:15

Google Doodle Keren Edisi 17 Agustus 2022 Ambil Tema Balap Perahu, Ini Sejarahnya

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tanggal 17 Agustus 2022 ini adalah hari spesial untuk masyarakat tanah air. Itu karena hari ini bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Indonesia. Turut merayakan momen HUT ke-77 RI ini, Google Doodle mengambil tema balap perahu atau perahu pacu.

Diamati TIMES Indonesia, Google memasang doodle balap perahu yang diikuti oleh 5 orang. Berpakaian tradisional dari berbagai suku yang menunjukkan keragaman di Indonesia. Doodle itu adalah karya ilustrator Bandung, Wastana Haikal.

Google Doodle tersebut terinspirasi dari tradisi yang difestivalkan secara rutin, yakni Festival Pacu Jalur. Itu adalah event balapan perahu terbesar di tanah air. Biasanya, sekitar 100 perahu berpartisipasi dalam Festival Pacu Jalur menyusuri Sungai Batang Kuantan di Provinsi Riau.

Dalam festival tersebut biasanya perahu-perahu didekorasi dengan meriah. Setiap perahu dikendarai satu tim yang isinya yakni 60 orang.

Selain itu, dalam memeriahkan festival, peserta juga mengenakan kostum tari tradisional yang senada dengan perahu yang dikendarai. Ini menggambarkan Indonesia adalah negeri maritim dan mencerminkan Bhinneka Tunggal Ika.

Dikutip dari berbagai sumber, sejarahnya, Pacu Jalur dilaksanakan sejak 1903 silam. Tradisi ini bagian dari masyarakat Kuantan Singingi, Riau, sebagai peringatan atas ulang tahun Ratu Helmina asal Belanda di Baserah.

Berjalannya waktu, tradisi ini beralih fungsi yakni untuk memperingati hari besar Islam. Lalu Pacu Jalur diadakan dalam peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia secara rutin.

Pacu Jalur menggunakan perahu sampan yang dibuat dari pohon. Tak sembarangan, ada ritual adat khusus untuk memilih pohon yang akan ditebang dan dijadikan perahu.

Selain itu, ada tradisi dan prosesi adat Maleo Jalur yang dilakukan jauh-jauh hari sebelum festival digelar.

Tradisi ini dilakukan dengan cara menyeret batang kayu bulat jenis kempas dengan tali rotan ke kampung tempat jalur dibuat. Kayu yang dipilih biasanya berdiameter 60 cm dengan panjang 30-50 meter.

Tradisi Maleo Jalur dan Pacu Jalur ini melibatkan hampir semua warga kampung, sehingga merekatkan kebersamaan dan kekompakan mereka. Setiap jalur biasanya dibuat oleh satu orang ahli dengan beberapa asisten. Sedangkan pendayungnya dipilih sebanyak 60 orang.

Demikian penjelasan soal Google Doodle hari ini, edisi 17 Agustus 2022 yang mengambil tema balap perahu atau perahu pacu. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/423649/google-doodle-keren-edisi-17-agustus-2022-ambil-tema-balap-perahu-ini-sejarahnya

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi