Google Doodle Hari Ini Siti Latifah Herawati Diah, Perempuan yang Mengabarkan Indonesia pada Dunia

3 April 2022, 4:36

PIKIRAN RAKYAT – Google doodle 3 April 2022 menampilkan sosok Siti Latifah Herawati Diahdalam rangka perayaan hari ulang tahunnya yang ke-105.

Google memilih Siti Latifah Herawati Diah untuk tampil karena dia merupakan jurnalis terkemuka Indonesia. Pada 1955, ia ikut mendirikan The Indonesian Observer, surat kabar berbahasa Inggris pertama di Indonesia.

Sebagai satu-satunya media berbahasa Inggris di Indonesia selama lebih dari sedekade, majalah itu menangkap aspirasi dan kesulitan bangsa yang baru merdeka untuk pembaca global.

Siti Latifah Herawati Diah belajar jurnalistik di Barnard College di New York. Setelah lulus, ia pulang ke Indonesia pada 1942. Tak lama sebelum Revolusi, dan menjadi reporter untuk United Press International.

Siti Latifah Herawati Diah menikahi jurnalis Burhanuddin Mohammad Diah, yang kemudian menjadi Menteri Penerangan pada 1968.

 

 

Siti Latifah Herawati Diah menggunakan koneksi diplomatiknya untuk melindungi monumen kebudayaan warisan leluhur bangsa Indonesia.

Dia memimpin upaya mendeklarasikan Kompleks Candi Borobudur sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Siti Latifah Herawati Diah juga merupakan pegiat hak-hak perempuan. Dia mendirikan beberapa organisasi perempuan, termasuk Gerakan Pemberdayaan Suara Perempuan, yang mendorong perempuan Indonesia untuk memilih.

Gambar yang jadi Google doodle hari ini dipersembahkan sebagai pengingat warisan yang ditinggalkan Siti Latifah Herawati Diah serta jalan yang dia buka untuk perempuan di Indonesia.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014146104/google-doodle-hari-ini-siti-latifah-herawati-diah-perempuan-yang-mengabarkan-indonesia-pada-dunia

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi