SUARAMERDEKA.COM – Kabar mengejutkan datang bagi pengguna Google Docs di Indonesia. Google Docs diblokir Kominfo sejak Kamis malam. Hal ini membuat pengguna tidak bisa mengakses layanan google untuk merangkai kata itu. Banyak pengguna yang mengeluhkan kejadian ini. Baca Juga: Pembangunan Patung Ir Soekarno di Banyuasin Jadi Viral Gara-gara Tak Mirip, Ini Komentar Netizen Terlebih Google Docs digunakan sebagai alat menulis yang biasa-biasa saja.
Ada beberapa fitur Google Docs sehingga menjadi pilihan utama yang digunakan untuk menulis saat ini. Google Docs disimpan secara online di server milik google. Sehingga bisa diakses kapanpun dan dimanapun selama pengguna memiliki koneksi intenet. Baca Juga: Aksi Pencurian Tipu-tipu Pemilik Warung dan Pemilik Kebun Pisang di Salatiga Dengan demikian, Google Docs menjawab perihal kebiasaan masyarakat yang lupa bawa flashdisk berisi data. Google Docs juga memiliki fitur unggulan lainnya, seperti berkolaborasi dengan orang lain. Hal ini tentu memudahkan bagi beberapa orang untuk bekerja bersama dalam satu file dokumen. Cara penggunaan google Docs juga cukup mudah, seperti layaknya aplikasi pengedit tulisan yang bekerja secara offline. Baca Juga: Jelang Big Match Liga 1, Hanya Tiga Pemain PSIS yang Mampu Cetak Gol ke Gawang Barito Putra Dengan diblokirnya Google Docs, beberapa alternatif berikut ini bisa digunakan. Apa saja? 1. Microsoft Office Online Microsoft Office Online menjadi pilihan utama saat ini. Siapa yang tidak kenal Microsoft, Raja dari pembuat software termasuk OS dan aplikasi Office. Cara kerja dokumen offline akan dirubah ke online dengan menggunakan aplikasi ini. Dengan fitur-fitur canggih, Google Docs bahkan bisa dialihkan seratus persen ke sini. Akses lain akan diberikan seperti calendar, form, dan lainnya. Microsoft Office Online juga bisa berkolaborasi untuk melakukan edit secara bersama-sama. Baca Juga: Karir dan Keuangan Zodiak Libra, Taurus, Capricorn, Leo, Sabtu 22 September 2023: Balas Budi, Jaga Rahasia 2. Evernote Evernote merupakan salah satu aplikasi pengolah ide sederhana yang cukup menarik. Evernote menjadi aplikasi pencatatan dan manajemen tugas yang paling dikenal saat ini karena pengaturan catatan dan aksesibilitasnya. Aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan pencatatan, perencanaan proyek, dan kolaborasi tim. Anda dapat membuat, mengatur, dan mengakses catatan digital dengan mudah di semua perangkat Anda dan bahkan mengaksesnya secara offline di perangkat seluler. Gunakan fitur Beranda untuk melihat semua catatan terpenting Anda dalam satu dasbor. Baca Juga: Jangan Biasakan Minum Jus Buah, Ini Alasannya kata dr Zaidul Akbar Atur catatan Anda menggunakan buku catatan, tumpukan buku catatan, judul, dan tag. Pengguna juga bisa membuat daftar tugas dengan catatan Anda untuk mengubah ide Anda menjadi item yang dapat ditindaklanjuti. Mengingat Google Documents tidak memiliki fungsi ini menjadikannya alternatif aplikasi pencatat yang bagus. Untuk memaksimalkan aplikasi ini dan alur kerja yang lebih lancar, integrasikan Evernote ke alat kerja yang paling sering Anda gunakan dan favorit seperti Google Kalender, Slack, (dan ClickUp). Baca Juga: Rotasi Sekda Jadi Staf Ahli Bupati, Ini Penjelasan Bupati Kebumen: untuk Memperkuat Pemerintahan 3. Document360 Jika Anda ingin meningkatkan pengalaman menulis Anda dari Google Docs, maka Document360 adalah pesaing yang hebat. Aplikasi menawarkan proses pengeditan konten bersama, tergantung pada tahap apa mereka berkontribusi dalam proses pembuatan dokumen. Hal terbaik tentang Document360 adalah menyediakan situs dokumentasi akhir untuk publikasi konten. Anda dapat menyesuaikan beranda basis pengetahuan Anda sebanyak yang Anda suka, dan memanggil artikel-artikel penting. Baca Juga: Netizen Sebut OJK Sebagai Otoritas Jasa Kocak, Kasus Investigasi AdaKami Dibalikkan ke Perusahaan Pinjol Anda dapat memiliki akses ke analitik yang memberi tahu Anda artikel apa yang paling populer, dan mengetahui informasi tentang demografi audiens Anda. Anda juga dapat mengintegrasikan dan memperluas basis pengetahuan Anda dengan aplikasi populer yang menyederhanakan alur kerja Anda. Document360 menawarkan basis pengetahuan yang kuat yang dapat bersifat publik atau pribadi tergantung kebutuhan Anda. Anda bisa mendapatkan gambaran umum izin akses ke basis pengetahuan Anda sehingga Anda bisa mengontrol siapa yang melihat apa. Basis pengetahuan Anda dapat ditata dengan warna khusus dan dibagikan dalam domain khusus. Minusnya, Jika Anda ingin mengelola lebih dari satu basis pengetahuan maka Anda harus meningkatkan versi paket Anda. Baca Juga: Tabungan Dijamin LPS, 2 Nasabah BPR KRI Ini Sujud Syukur: Seperti Dapat Durian Runtuh… 4. Coda Dengan Coda, Anda dapat membuat dokumen Word dalam ruang kolaboratif. Anda juga dapat berbagi ide dalam format selain kata dan paragraf, seperti tabel dan video. Membuat tugas baru di Coda hanya mengharuskan Anda mengetik “@” seperti di Google Docs, tetapi hanya Coda yang memungkinkan otomatisasi tugas. Untuk pekerjaan teks yang lebih menyenangkan secara visual, Coda mungkin terasa mengecewakan, karena pilihan fontnya terbatas dibandingkan dengan aplikasi pengolah kata lainnya. Baca Juga: Eksplorasi Yukk Manfaat Kopi, “Bestie” Penyemangat Rutinitas Fitur utama Coda diantaranya bisa menambahkan video, tabel, dan lainnya ke dokumen Word. Pembuatan dan penetapan tugas sederhana. Otomatisasi tugas tidak seperti pengolah kata lainnya, tetapi pilihan font untuk tujuan visual relatif sedikit. Coda menawarkan paket dasar gratis, dengan paket berbayar mulai dari $10 per pengguna per bulan. Baca Juga: Dibanding Pilpres dan Pileg, Pilkada Justru yang Paling Dikhawatirkan KPU dari Segi Partisipasi Pemilih 5. Zoho Workdrive Zoho WorkDrive adalah manajemen file online untuk tim yang bekerja sama secara kolaboratif. Anda dapat menggunakan WorkDrive sebagai cara untuk memberi tim ruang kerja bersama yang aman. Sehingga ide mereka dapat diterapkan mulai dari konsepsi hingga realisasi. Anda dapat membuat, berkolaborasi, dan mewujudkan kerja tim pada dokumen yang dapat diedit secara real-time. Anda memiliki akses ke Zoho Writer, Zoho Sheet, dan Zoho Show untuk menulis semua jenis dokumen. Baca Juga: Inter Miami Songsong Final, Lionel Messi Berpacu dengan Waktu, Kondisinya Mengkhawatirkan Kelebihan Zoho Workdrive berfungsi paling baik sebagai sistem penyimpanan dokumen yang memungkinkan Anda berbagi ide di antara anggota tim Anda Kelemahan Zoho Workdrive yakni tidak ada kemampuan untuk menyediakan basis pengetahuan yang dapat dilihat publik yang diindeks oleh mesin pencari. Terkadang fitur pengeditan real-time mengalami lag dan memerlukan sedikit waktu untuk melihat perubahan yang telah dilakukan. Demikian berbagai opsi pilihan setelah Google Docs Diblokir Kominfo. **