Google: 89 Persen Orang Indonesia Pakai Password Lemah

3 November 2021, 18:17

Ilustrasi password.

KOMPAS.com – Informasi kredensial macam kata sandi (password) adalah satu hal yang perlu dijaga keamanannya. Caranya tentu saja adalah dengan memakai password kuat yang sulit ditebak atau dikombinasikan dengan berbagai angka dan simbol.

Meski demikian, sekitar 89 persen orang Indonesia ternyata masih mempertahankan kebiasaan buruk untuk menggunakan password yang lemah.

Setidaknya begitu menurut sebuah survei yang dilakukan Google bersama lembaga riset pasar YouGov terhadap sekitar 13.870 pengguna internet di 11 negara di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia, yang berusia 18 tahun ke atas.

Google tidak menyebutkan berapa porsi responden yang berasal Indonesia. Namun, dari angka 89 persen tadi, sebanyak 79 persen di antaranya mengatakan mereka masih menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa situs.

Baca juga: Masuk Gmail dan YouTube Bakal Wajib 2FA, Tidak Bisa Cuma Password

Bahkan, 2 dari 5 responden mengaku bahwa mereka menggunakan kata sandi yang sama di 10 situs berbeda.

Sekitar 50 persen responden Indonesia juga mengatakan bahwa password mereka dibuat dengan menggabungkan hal-hal yang mudah ditebak, seperti tanggal penting, nama orang terdekat, nama hewan peliharaan, dan kode pos.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil riset ini bisa dibilang menjadi momok bagi pengguna internet di Indonesia.

Apalagi, Product Marketing Manager Google Indonesia, Amanda Chan menyebut bahwa sebagian besar pengguna Indonesia dalam riset Google dan YouGov tadi pernah mengalami kejahatan siber di internet.

“Hampir 2 dari 3 pengguna internet di Indonesia mengalami kebocoran data pribadi, namun rupanya kejadian ini tidak cukup mendorong pengguna mengubah kebiasaan mengelola sandi dengan aman,” ujar Amanda dalam sebuah acara virtual, Rabu (3/11/2021).

Orang Indonesia suka berbagi password

Amanda melanjutkan, kebiasaan pengguna Indonesia menjaga informasi password ini ternyata tak begitu diterapkan dengan baik.


https://tekno.kompas.com/read/2021/11/03/15435707/google-89-persen-orang-indonesia-pakai-password-lemah

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi