Golkar Gelar Rapat Pleno Malam ini, Bakal Putuskan Soal Pilgub Jabar dan Jakarta?

PIKIRAN RAKYAT – Partai Golkar malam ini menggelar rapat pleno untuk membahas rencana rapat persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 dan perayaan HUT Golkar ke-60 di kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Nelly Murni, Jakarta Barat.

“Persiapan aja, persiapan Pilkada, namanya mau hajatan nasional ya jadi rapat nanti agendanya persiapan Pilkada dan persiapan HUT Golkar,” ujar Ketua DPP Partai Golkar Meutya Hafid di DPR RI, Senayan, Jakarta Rabu, 10 Juli 2024.

Meutya menegaskan, pada rapat pleno nanti partainya juga tidak mengambil keputusan untuk Pilkada Jabar dan Jakarta. Ia menyebut semuanya masih diproses.

“Enggak (keputusan), belum (keputusan), belum. Jadi nanti malam untuk melaporkan kesiapan kita aja, belum ada yang diumumkan kan semuanya masih diproses dan menunggu,” ucapnya.

Pilgub Jabar dan Jateng

Meutya menuturkan, Partai Golkar mencermati semua survei yang membuka peluang nama-nama unggul dalam Pilgub Jabar maupun Jateng. Seperti Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangareng dan politikus Golkar Ridwan Kamil.

“Itu kan semua masih menunggu masih saling berkomunikasi antarpartai, jadi kita belum memutuskan malam ini. Jadi malam ini hanya akan menyiapkan kesiapan partai Golkar untuk Pilkada,” tuturnya.

Dalam simulasi hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) semi terbuka 21 nama kandidat Gubernur Jateng 2024, Kaesang (15,9 persen) menjadi pilihan utama. Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi (12,9 persen) mengikuti di peringkat kedua. Lalu, kader Gerindra Abdul Wachid (7,8 persen) di peringkat ketiga.

Setelahnya mengikuti masing-masing pesohor Raffi Ahmad (6,8 persen), politisi PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul (5,8 persen), mantan asisten Prabowo yakni Sudaryono (4,7 persen), hingga politisi PDIP Hendrar Prihadi (4,7 persen). Sementara nama lainnya hanya memperoleh 4 persen ke bawah.***