Gerai Pelayanan Publik di Pusat Grosir Cililitan Untuk Layani Warga

2 April 2022, 10:58

Playanan publik Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta salah satunya menjalankan fungsi pelayanan hukum.

Syafira | Sabtu, 02/04/2022 10:36 WIB

Playanan publik Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta salah satunya menjalankan fungsi pelayanan hukum.

Kanwil Kemkumham DKI pelayan publik. (Foto: Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Memberikan layanan publik yang merupakan keharusan instansi pemerintah, begitu juga Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta yang salah satunya menjalankan fungsi pelayanan hukum. Ini disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah, Ibnu Chuldun, Jumat siang (01/04), saat meresmikan Gerai Pelayanan Publik di Pusat Grosir Cililitan (PGC) Jakarta Timur.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Komisaris Utama PGC, Wahyu Dewanto dengan jajaran direksi, Para Pimpinan Tinggi Pratama serta Para Kepala Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kanwil Kumham DKI Jakarta.

Pelayanan Publik Terpadu yang berdiri sejak Tahun 2021 telah memberikan banyak manfaat kepada masyarakat.” kata Wahyu Dewanto.

Dimulai dengan layanan Samsat, Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta PTSP. Apresiasi dengan dibukanya gerai pelayanan hukum dan HAM serta layanan keimigrasian ini merupakan kolaborasi inovasi dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita kerjasama dalam memberikan layanan masyarakat. Walau ini simbiosis mutualisme namun prinsipnya kita ingin membantu memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan,” jelas Wahyu Dewanto.

Senada dengan hal tersebut guna mewujudkan kepastian hukum, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyampaikan layanan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap hukum. Peran negara untuk memberikan kepastian hukum dapat terwujud secara nyata dan dapat dirasakan oleh semua pihak.

“Dengan kehadiran layanan hukum dan HAM dan dengan layanan keimigrasian ini dapat melengkapi layanan terpadu pada PGC sehingga pelayanan publik lebih dekat dengan masyarakat,” tegas Riza Patria.

Ibnu Chuldun memperkenalkan Gerai Pelayanan Publik sebagai salah satu wujud nyata bagi masyarakat yang ingin mengetahui produk layanan pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta. Seperti diketahui bahwa Kantor Wilayah merupakan instansi vertikal dari Kementerian Hukum dan HAM serta mengampu berbagai pelayanan hukum di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

“Pelayanan yang terdapat pada gerai ini terdiri dari layanan pemasyarakatan, layanan keimigrasian, serta layanan hukum terpadu baik itu layanan administrasi hukum umum, kekayaan intelektual, konsultasi bantuan hukum, penyuluhan hukum serta pengaduan HAM”, terang Ibnu Chuldun.

Selain Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur juga membuka gerai pelayanan keimigrasian. Bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang ingin membuat paspor dan memperpanjang paspor dapat langsung mengunjungi Gerai Pelayanan Publik dan menikmati serta menjangkau layanan lebih dekat. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta sangat terbuka terhadap kerja sama dengan pihak-pihak lain dalam peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Melalui kesempatan ini kami menyadari bahwa tanpa dukungan dari berbagai pihak, misi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta tidak akan optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat”, tutur Ibnu Chuldun.

“Kami berharap Gerai Pelayanan Publik ini dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat secara langsung, tepat, mudah dan terpercaya sehingga dapat mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional”, sambungnya.

Gerai Pelayanan Publik pun diresmikan dengan prosesi potong pita oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Kepala Kantor Wilayah, Komisaris Utama PGC, Direktur Utama PGC, dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan gerai layanan hukum dan HAM serta layanan keimigrasian yang terletak di Lantai 2 PGC. Gerai Pelayanan Publik merupakan salah satu solusi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan pelayanan hukum terpadu. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta senantiasa mengedepankan pelayanan dan kepentingan masyarakat demi terwujudnya pengabdian kepada Negara serta Kementerian Hukum dan HAM yang semakin PASTI dan BerAKHLAK.

TAGS : Pelayanan Publik Gerai Grosir Cililitan Kemkumham DKI Jakarta


https://www.jurnas.com/artikel/114315/Gerai-Pelayanan-Publik-di-Pusat-Grosir-Cililitan-Untuk-Layani-Warga-/

 

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi