Gempa Magnitudo 5,8 di Gorontalo, Dirasakan di 4 Provinsi

8 June 2022, 12:09

Gorontalo: Gempa magnitudo 5,8 dengan kedalaman 137 kilometer mengguncang wilayah Gorontalo pada Selasa malam, 7 Juni 2022. Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan guncangan dirasakan di sembilan kota/kabupaten yang tersebar di empat provinsi.
 
“Adapun wilayah yang melaporkan adanya guncangan meliputi Kabupaten Gorontalo, Kota Gorontalo, dan Kabupaten Bone Bolango di Provinsi Gorontalo dengan durasi 1 sampai 3 detik yang kemudian sempat menimbulkan kepanikan warga,” kata Abdul Muhari, Rabu, 8 Juni 2022.
 
Baca: Mengenal Seismograf, Alat Pengukur dan Pencatat Gempa Bumi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Dia menjelaskan wilayah berikutnya yang turut merasakan guncangan adalah Kabupaten Kepulauan Sula di Provinsi Maluku Utara dengan guncangan sedang dalam durasi 1 sampai 3 detik. Warga setempat sempat panik, namun kondisi dapat berangsur-angsur kondusif.
 
Selanjutnya Kabupaten Banggai di Sulawesi Tengah melaporkan guncangan dirasakan sedang selama 1 sampai 3 detik dan menimbulkan kepanikan warga. Hal yang sama juga dirasakan di Kabupaten Banggai Kepulauan, namun kondisi dapat kembali kondusif.
 
Kemudian yang terakhir adalah Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan di Provinsi Sulawesi Utara dengan durasi guncangan selama 1 sampai 3 detik dan sempat menimbulkan kepanikan warga.
 
“Berdasarkan rangkuman dari Pusat Pengendali dan Operasi (Pusalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per hari ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan maupun adanya korban jiwa. Kondisi dinyatakan aman dan terkendali, meski sempat terjadi kepanikan warga akibat guncangan yang dirasakan,” jelas Muhari.
 

(DEN)


https://www.medcom.id/nasional/daerah/0KvoEZYN-gempa-magnitudo-5-8-di-gorontalo-dirasakan-di-4-provinsi

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi