Gempa Lagi di Nias Barat Malam Ini, BMKG: Kekuatan M 5,0

2 November 2021, 21:38

Peta lokasi gempa di Nias pada 2 November 2021. Twitter BMKG

TEMPO.CO, JakartaGempa terkini mengguncang Nias dengan kekuatan Magnitudo 5,0 pada Selasa malam ini, 2 November 2021. Gempa telah dipastikan tak sampai memicu tsunami.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menginfokan gempa terjadi pukul 20.39 WIB. Pusat gempa berlokasi di laut, 138 kilometer arah barat daya Nias Barat, Sumatera Utara. Kedalamannya, 10 kilometer.

Gempa pertama terjadi dari lokasi yang sama, 130 kilometer arah barat daya, pada dinihari tadi, Pukul 00.04 WIB, dengan kekuatan M 5,9–sempat disebut M 6,2. Hingga pagi harinya, BMKG mencatat 10 kali gempa susulan di Nias Barat.

Gempa utama disebutkan bersumber dari luar zona subduksi, bukan zona megathrust yang berpotensi produksi gempa besar. “Ini dicirikan dengan mekanisme sumbernya yang berupa sesar turun (normal fault),” kata Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

Guncangan gempa saat itu dirasakan di daerah Nias Barat, Kepulauan Mentawai, Nias Utara, dan  Nias Selatan dengan skala intensitas III-IV MMI. Getaran terasa nyata di dalam rumah seakan ada truk yang melintas hingga membuat pintu dan jendela berderik, dinding berbunyi, hingga bisa memecahkan gerabah.


Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.


https://tekno.tempo.co/read/1524138/gempa-lagi-di-nias-barat-malam-ini-bmkg-kekuatan-m-50

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi