Gempa Kuat Kembali Guncang Kepulauan Talaud, Akibat Subsuksi Lempeng Filipina

3 April 2022, 10:04

Seismograf gempa bumi. ANTARA/Shutterstock/pri

TEMPO.CO, JakartaGempa bumi dengan magnitudo 5,2 mengguncang Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, pada Minggu pagi, 3 April 2022, pukul 07.52.48 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa tersebut berada di titik koordinat 5.39 LU dan126.93 BT atau 157 kilometer timur laut Melonguane, Sulawesi Utara.

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,0. “Pantai tenggara Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, diguncang gempa tektonik,” tulis Bambang.
 
Pembaharuan data lainnya adalah episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5,35° LU dan 126,89° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 42 kilometer arah Tenggara Miangas, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, pada kedalaman 45 kilometer.
 
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng laut Filipina.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (strike-slip fault).
 
Berdasarkan analisis hasil pengukuran percepatan tanah dan pemodelan peta guncangan, gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Miangas, Kepulauan Talaud, dengan skala intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Selain itu, dari hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.
 
Hingga pukul 08.15 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).
 
Bambang juga memberi rekomendasi kepada warga agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ia juga meminta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.
 

Baca:
Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Kepulauan Talaud

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.


https://tekno.tempo.co/read/1577874/gempa-kuat-kembali-guncang-kepulauan-talaud-akibat-subsuksi-lempeng-filipina

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi